Alat Musik Kalimantan Timur yang Jarang Orang Tahu

Sederet Alat Musik Kalimantan Timur yang Patut Kamu Tahu

Sumber:pantau24.com
Alat Musik Kalimantan Timur
Sumber:pantau24.com

Alat Musik Kalimantan Timur  pastinya memiliki ciri khas. Ciri khas tersebut tak hanya berasal dari namanya saja, tapi juga dari suara yang dihasilkan. Ragamnya pun sangat banyak dan biasanya digunakan dalam berbagai acara.

Pada jabaran kali ini akan mengulas alat musik tradisional salah satu provinsi di Indonesia yaitu provinsi Kalimantan timur. Apa sajakah jenisnya dan bagaimanakah cara memainkannya? Berikut penjabarannya lebih lanjut untuk kamu!

Alat Musik Tradisional Kalimantan timur yang Dipukul atau dipetik

Berikut beberapa alat music tradisional Kalimantan timur akan kita ulas, simak penjelasan nya sebagai berikut :

  1. Sampe
    Sampe merupakan alat music tradisional yang dari suku Dayak yang memiliki arti “memetik dengan jari”. Sampe sendiri adalah alat musik yang terbuat dari kayu dan memiliki dawai atau senar. Sampe sering digunakan untuk menyatakan perasaan, pesta rakyat, pengiring tarian, atau sekedar dimainkan saja.
  1. Jatang utang
    Jatang utang merupakan alat music tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat music tradisional ini berasal dari suku Dayak kenyah. Biasanya jatang utang dimainkan beriringan dengan alat music sampe. Alat music ini terbuat dari bahan dasar kayu dengan jenis kayu lempung dan kayu meranti.
  1. Kadire
    Kadire merupakan alat music tiup dengan ukuran yang relative kecil. Biasanya terbuat dari bambu, labu, bahkan tempurung kelapa. Dengan penghasil suara pada bagian yang terbuat dari tempurung kelapa. Alat music ini biasa di mainkan pada acara tradisional daerah Kalimantan timur.
  2. Gemer
    Alat music ini memiliki rupa yang hampir sama dengan alat music gendang. Gemer juga dimainkan dengan cara dipukul seperti gendang. Dan memiliki beberapa jenis yaitu Prahi, Gimar, Tuukng Tuat serta Pampong.
  3. Jatung adau
    Berasal dari suku Dayak kenyah, alat ini dianalogikan seperti gendang. Terbuat dari kayu dan di lapis dengan kulit binatang yang bertujuan untuk menghasilkan bunyi. Alat ini digunakan sebagai pertanda buruk/bahaya dan saat kematian. Biasanya juga digunakan untuk iringan tarian Helian dan Hudoq.
  4. Genikng
    Genikng, alat musik pukul dengan bentuk seperti gong. Memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding dengan gong, tapi sama-sama dimainkan dengan menggunakan pukulan yang terbuat dari kayu. Geniikng ini terbuat Dari bahan logam. Serta memiliki beberapa macam nya yaitu Sukatn, Lesung dan Pamole.

Jenis Alat Musik Kalimantan dengan Cara Ditiup

alat musik dari Kalimantan Timur, tak hanya bisa dimainkan dengan cara dipukul atua dipetik saja. berikut kami suguhkan beberapa alat musik klaimantan timur yang bisa kamu mainkan dengan cara ditiup, diantaranya adalah:

  1. Uding
    Alat music uding menyerupai alat music karinding dari jawa barat. Alat music ini dimainkan dengan cara ditiup dan disentil untuk menghasilkan bunyi atau pun  suara. Udimg memiliki ukuran panjang kurang lebih 20cm dan terbuat dari bahan bambu atau enau.
  2. Suliikng
    Alat music yang diaminkan dengan ditiup seperti pada alat music jawa yaitu seruling. Suliikng mirip dengan seruling yang berbentuk silinder. Dan juga dilengkapi dengan lubang – lubnag untuk mengatur nada. Ada beberapa jenis suliikng diantaranya Serupai, Suliikng Dewa, Kelali, Tompong.

Berikut ulasan mengenai alat music Kalimantan timur. Pastinya masih banyak lagi alat musik dari kalimantan yang bisa kamu ulik. Namun, sedikit ulasan dari kami dapat membantu kamu agar lebih tahu. Jangan lupa untuk mengulik informasi menarik tentang apapun di sini ya! Have a good reading, guys!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.