Asam Jawa, Si Asam Alami Penurun Kolestrol Paling Ampuh!

Turunkan Kolesterol dengan Asam Jawa, Sehat dengan Herbal

Asam jawa seringkali kita temui di pinggir-pinggir jalan. Di sepanjang jalan pedesaan biasanya juga banyak ditumbuhi oleh pohon asam jawa. Pohon asam ini sendiri memiliki batang yang sangat keras dan dapat tumbuh besar, tinggi, serta memiliki daun yang rindang.

Bagi penggemar tanaman hias, cabang pohon tumbuhan ini dapat dibentuk menjadi tanaman kerdil atau bonsai yang laku dengan harga yang cukup tinggi di pasaran.

Asam Jawa
Sumber: helo.id

Jika dijadikan sebagai tanaman hias, pohon ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman dalam rumah (indoor). Hal ini dikarenakan bentuknya yang unik dan memiliki nilai seni tersendiri. Tidak aneh lagi, jika kemudian tanaman tersebut berharga semakin mahal.

Senyawa yang terkandung dalam tanaman satu ini tergolong lengkap. Baik dari daun, bunga, hingga buahnya sama-sama memiliki khasiat.

Pada buahnya saja sudah memiliki kandungan bermacam-macam seperti senyawa kimia, yaitu asam anggur, asam suksinat, pektin, asam sitrat, asam tatrat, serta asam apel.

Manfaat Tanaman Asam Jawa bagi Tubuh

  1. Menghilangkan jerawat yang timbul
    Buahnya sangat baik untuk perawatan kult. Terutama untuk menghilangkan jerawat, lantaran buah herbal ini mengandung zat asam dan antibiotik. Jika ingin mengobati masalah jerawat yang timbul dengan pengobatan asam.Dapat dilakukan dengan cara mencampur kunyit yang sudah dihaluskan dengan asam jawa. Kemudian campuran tersebut ditambahkan dengan sedikit air. Lalu, hasil racikan tersebut dapat digunakan untuk masker yang dapat menghilangkan jerawat.
  1. Obat herbal untuk penyakit dalam
    Asam jawa juga dapat digunakan untuk obat herbal berbagai penyakit dalam, seperti penyakit jantung, peradangan dan haid yang kurang teratur. Sebab dalam tumbuhan herbal ini mengandung zat senyawa steroid.
  1. Menurunkan kadar kolestrol
    Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalamnya, seperti flavonoid, saponin dan tannin bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa aktif flavonoid dan tanin yang terdapat pada bahan herbal ini dapat meluruhkan lemak melalui proses meningkatnya metabolisme dalam tubuh.Sehingga, terjadi proses pembakaran lemak dalam tubuh. Dengan begitu kadar lemak dalam tubuh dapat berkurang dengan mengkonsumsinya secara berkala.
  1. Sebagai pelangsing tubuh
    Tak hanya untuk obat penurun kadar kolesterol, bahan alam berasa asam ini juga berkhasiat untuk membantu mendegradasikan lemak. Sehingga berpotensi sebagai obat pelangsing alami, karena dalam tanaman tersebut terdapat kandungan senyawa aktif dari flavonoid dan tannin.Dimana, kedua senyawa tersebut mempunyai sifat pembangkit enzim.
  1. Herbal untuk merawat rambut
    Bagian dari tumbuhan ini yang berkhasiat untuk dijadikan obat herbal dalam perawatan rambut adalah biji buah tanamannya. Sebab, biji buah asam jawa mengandung zat steroid yang berkhasiat untuk kulit kepala.
  1. Menyehatkan pencernaan
    Asam Jawa dapat digunakan sebagai obat pencahar alami. Asam Jawa mengandung serat yang dapat melarutkan serta mempermudah proses pencernaan. Kandungan buah ini bisa merangsang aktivitas dari empedu dan asam empedu untuk proses penyerapan lemak dan vitamin yang larut dalam organ usus.Penelitian dari Food Chemistry, menemukan bahwa protein larut dan asam amino dalam tanaman alami ini dapat membantu pencernaan. Asam satu ini mengandung banyak senyawa serat yang bisa mencegah diare.
  1. Mencegah diabetes
    Karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dan insulin yang menyebabkan penyakit diabetes. Asam jawa di dalamnya terkandung enzim alfa-amilase yang daapt menghentikan penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Demikian manfaat dari asam jawa bagi Kesehatan tubuh. Namun, ada baiknya juga jika kamu mencoba menjaga tingkat kolesterol kamu dengan mengkonsumsi makanan yang tidak memicu terjadinya kenaikan pada kolesterol yang kamu miliki. Stay Healthy dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.