Dunia, Hype  

Black Hole, Ruang Dan Waktu Misterius Dunia Astronomy

Seberapa Luas Black Hole? Ruang Misterius Alam Semesta

Black hole, para ahli astronomi baru saja menemukan sebuah cara untuk mengukur luas dari proses alam semesta ini. Black hole sendiri adalah wilayah ruang dan waktu yang di mana gravitasinya begitu kuat.

Black Hole
Sumber: inews.id

Sehingga, tidak terdapat partikel atau cahaya yang dapat lolos dari dalam black hole. Lubang hitam gelap tersebut terbuat ketika terjadi tabrakan antar dua bintang.

 Fakta Luas Black Hole

  1. Luas yang berbeda
    Pertama, dilansir dari Astronomy dan Space yang paling standar dikenal juga dengan sebutan stellar-mass black hole. Ruang gelap ini ada ketika berakhirnya massa hidup suatu bintang dengan ukuran yang sangat besar.Bintang yang akan berakhir massa hidupnya sebenarnya masih memiliki sedikit kekuatan. Namun, pada akhirnya gravitasi bintang yang sangat kuat menyebabkannya runtuh dan dengan cepat memantul keluar. Sehingga, dapat menyebabkan ledakan yang sangat dahsyat atau dikenal sebagai supernova.

    Selanjutnya, besarannya sendiri tergantung pada massa bintang. Lubang tersebut ukurannya bisa mencapai beberapa lusin kali dari massa Matahari. Tetapi, hal tersebut masih belum sepenuhnya dibuktikan.

  1. Besarannya jika dibanding bumi
    Masih ada banyak pihak yang penasaran seberapa besar ukuran black hole jika dibandingkan dengan Bumi dan juga Matahari. Pada dasarnya, massa dari ruang tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan planet bumi ini.Bumi memiliki masa 6×10^24 kilogram , dibandingkan dengan massa si hitam yang masih berkali-kali lipat lebih besar dibanding Bumi. Beruntung, lubang hitam tersebut memiliki massa yang cukup, sehingga gravitasi objek dapat mengatasi gaya luar yang dapat mencegah dari terjadinya keruntuhan total.

    Di dalam lubang tersebut, para ilmuwan mempercayai bahwa terdapat gravitasi yang tak terbatas. Astronom yang pertama kali mengukur ukuran besarnya dari lubang hitam itu adalah astronom Jerman yang bernama Karl Schwarzschild pada tahun 1916.

    Menurut astronom tersebut, jika black hole memiliki massa seukuran Bumi, maka akan memiliki ukuran sebesar bola pingpong.

  1. Ukuran black hole yang terkecil
    Selanjutnya, kita akan membahas beberapa si Lubang hitam yang tidak memiliki ukuran yang besar.Seperti dikutip dari Astronomy, ada beberapa black hole yang memiliki ukuran tak jauh berbeda dengan Matahari atau pun planet-planet yang ada di galaxy. lubang hitam tersebut bernama GRO J1655-40 yang memiliki besar 5,4 kali dari massa Matahari.
  1. Ukuran Sedangnya
    Berikutnya kita akan membahas untuk ukuran lubang hitam dengan ukuran sedang. Untuk ukuran ruang gelap yang sedang ini, baru saja ditemukan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble pada April 2020 lalu.Black hole berukuran sedang yang ditemukan itu memiliki massa lebih dari 50.000 kali massa Matahari. Lubang gelap dengan ukuran sedang juga memiliki radius seperlima dari Matahari, atau sekitar dua kali dari radius Jupiter.
  1. Letak lubang hitam dengan ukuran terbesar
    Tentunya tidak hanya ruang hitam dengan ukuran kecil dan sedang tetapi, ada juga ukurannya yang paling besar atau terbesar.Dikutip dari Astronomy, ukuran lubang hitam terbesar pada galaxy bima sakti terletak pada 26.000 tahun cahaya dari Matahari. Nama dari lubang hitam terbesar itu adalah Sagittarius A* yang memiliki radius 17 kali lebih besar dari radius Matahari.

    Namun, tak hanya ditemukan di galaxy bima sakti, lubang ini yang terbesar juga ditemukan di gugus galaksi Abell 85, lebih tepatnya berada di galaksi Holm15. Di galaksi ini terdapat black hole dengan ukuran massa 2 trilliun lebih besar dari massa matahari.

Itulah beberapa fakta yang mungkin mengenai seberapa besar blach hole di galaxy alam semesta. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.