Fakta Novel Gadis Kretek Yang Akan Tayang Di Netflix

Fakta-Fakta Menarik Tentang Novel Gadis Kretek Yang Akan Tayang Di Netflix

Fakta Novel Gadis Kretek Yang Akan Tayang di Netflix

Fakta Novel Gadis Kretek Yang Akan Tayang di Netflix

Netflix sebagai salah satu platform untuk menonton film dan serial yang laris. Netflix juga suka bekerja sama dengan berbagai negara untuk memproduksi serial orisinalnya sendiri. Salah satunya adalah  Indonesia yang akhirnya akan merilis serial orisinal pertama. Serial pertama tersebut diadaptasi dari novel Gadis Kretek, banyak fakta-fakta menarik hingga novel tersebut dipilih.

Nah, hal ini pasti membuat para pencinta film dan sastra Indonesia menunggu-menunggu serial ini. Apalagi setelah diumumkannya aktris ternama seperti Dian Sastro dan Putri Marino yang akan menjadi pemeran utama serial tersebut. Berikut ini fakta novel Gadis Kretek yang perlu kalian ketahui.

Fakta Novel Gadis Kretek Yang Pertama Adalah Masuk 10 Besar Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa

Novel Gadis Kretek yang baru saja diterbitkan menduduki peringkat keempat dari 10 besar pemenang Kusala Sastra Khatulistiwa, sebuah ajang penghargaan sastra nasional Indonesia. Novel yang mengangkat tentang pentingnya keluarga dan kehidupan orang Jawa ini berhasil menyaingi novel-novel terkenal yang berjudul Cerita Cinta Enrico karya Ayu Utami dan Negeri Para Bedebah karya Tere Liye.

Fakta Yang Kedua Adalah Melakukan Riset Empat Tahun Dalam Menulisnya

Dalam Instagram Live bersama Gramedia Pustaka Utama (GPU), Ratih Kumala mengungkapkan bahwa ia menghabiskan empat tahun meneliti untuk menulis novel Gadis Kretek. Awalnya, Ratih terinspirasi dari cerita pabrik rokok kretek milik kakeknya, yang meninggal sebelum Ratih lahir.

Dia kemudian mulai pergi ke pabrik-pabrik kretek di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk menyelidiki.Ia pun membeli berbagai jenis kretek hingga terkumpul hingga 200 bungkus.

Fakta Novel Gadis Kretek Yang Ketiga Adalah Isinya Kuat dengan Peran Perempuan

Sampul novel ini menampilkan seorang wanita Jawa memegang kebaya dan sejumput kretek. Itu cukup untuk menggambarkan keberadaan wanita kuat dalam novel ini. Kalian dapat melihat peran wanita sukses dalam bisnis kretek bahwa dunia kretek tidak hanya didominasi oleh laki-laki tetapi juga dapat didominasi oleh perempuan.

Fakta Yang Keempat Adalah Mengenalkan Sejarah dan Macam-macam Kretek di Indonesia

Novel ini menceritakan tentang industri kretek yang dibawa ke Indonesia oleh penjajah Jepang dan kemudian berkembang sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. Ini memperkenalkan kalian pada Srintil Tobacco, tembakau dengan kandungan nikotin tertinggi. Lalu ada kretek gadis, kretek yang digulung oleh Jeng Yah menggunakan air liurnya sebagai lem untuk papirus. Masih banyak lagi dalam novel ini dijelaskan.

Fakta Yang Kelima Adalah Kental dengan Etnik Jawa

Novel Gadis Kretek berlatarkan Jawa Tengah. Hal ini menyebabkan gadis kretek memiliki banyak istilah dalam bahasa Jawa, khususnya dalam dunia kretek. Tapi jangan khawatir, novel ini menyediakan terjemahan istilah di akhir setiap bab. Novel ini juga menjelaskan sistem keuangan khas budaya Jawa, yang akan menambah pengetahuan Anda.

Fakta Keenam Adalah Akan Disutradari Kamila Andini

Menjadi sebuah serial, Gadis Kretek semakin mendapat perhatian karena disutradarai oleh sutradara ternama, Kamila Andini. Kamila Andini menjadi sutradar wanita yang sukses setelah menyutradarai filmnya “Yuni”.

Ini juga diproduksi oleh BASE Entertainment dan produser eksekutif oleh Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Sedangkan skenarionya ditulis oleh Tanya Yuson, Ratih Kumala, Kanya K Priyanti dan Ambarizki Ramadhantyo.

Inilah beberapa fakta tentang novel Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix. Dengan cerita yang menarik dan dibintangi  para aktor ternama. Ini menjadi serial pertama Netfilx Indonesia yang ditunggu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.