FIBA ASIA CUP 2022: Indonesia Hajar Arab Saudi Telak 80-54

Skor Tinggi, Indonesia Full Senyum di FIBA ASIA CUP 2022

FIBA ASIA CUP 2022
Sumber: sport.detik.com

FIBA ASIA CUP 2022 telah dilaksanakan di Istora, Senayan, Jakarta tepat hari ini, Selasa (12/7). Pada pertandingan perdana ini, Indonesia sebagai tuan rumah melaksanakan pertandingan melawan Arab Saudi.

Pada pertandingan pertama, pelatih Milos Pejic mencoba menurunkan Derrick Michael, Brandon van Dorn Jawato, Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan juga Marques Bolden sebagai lima pemain pertama yang akan melawan Arab Saudi.

Dengan perjuangan keras dari timnas Indonesia, akhirnya skor Timnas Indonesia bisa mengungguli jauh skor dari Arab Saudi yaitu 80-54. Seolah-olah menjadi balasan yang dilakukan Timnas Indonesia setelah sebelumnya mengalami kekalahan dalam pertandingan Piala Dunia 2023.

Berdasarkan hasil permainan Indonesia pada pertemuan 24 Februari 2021 lalu, Indonesia berhasil ditaklukan dengan skor 66-95, sementara pada pertemuan kedua di Jakarta Indonesia kalah tipis dengan skor 67-69.

Dari hasil skor yang Indonesia berikan, tentu bisa dilihat bahwa Indonesia sudah mengalami kemajuan dalam pertandingan mereka.

Dengan kemenangan yang berhasil dibawa oleh Timnas Basket Indonesia kali ini, membuat basket Indonesia memiliki kemungkinan untuk lolos dalam Piala Dunia Basket pada 2023 nanti. Indonesia hanya perlu meraih kemenangan satu kali lagi melawan Yordania pada Kamis (14/7) nanti.

 Proses Tanding Arab Saudi Vs Indonesia di FIBA ASIA CUP 2022

FIBA ASIA CUP 2022, sejak pertandingan awal sejak peluit pertama dibunyikan, pemain Arab Saudi berkostum hitam-merah ini sudah melakukan penekanan pada Timnas Indonesia. Namun, sayangnya serangan-serangan tersebut berhasil ditangkas dengan baik oleh Timnas Indonesia.

Indonesia pun mendapatkan poin pertamanya melalui Marques Bolden. Pemain yang berasal dari Texas, Amerika Serikat berusia 24 tahun tersebut mampu membukukan delapan poin pertama berkat manufernya di tiga menit pertama.

Yang kemudian setelahnya Indonesia mendapatkan tambahan poin dari pemain lainnya, Brandon Jawato.

Setelah berhasil unggul 10 poin lebih dahulu dari Arab Saudi, Arab Saudi akhirnya mencetak poin pertama mereka melalui tembakan tiga poin. Dengan masuknya poin perdana dari Arab Saudi ini, membuat mereka semakin semangat untuk melakukan penekanan.

Pada saat yang bersamaan, Milos Pejic melakukan pergantian pemain Indonesia. Hingga pertandingan pertama usai, Indonesia berhasil memimpin pertandingan dengan skor 18-13.

Berdasarkan skor tersebut terdapat pemain lainnya yang juga menyumbangkan skor untuk Timnas Indonesia yaitu Derrick Michael 2 poin, Jawato 4 poin, Vincent Rivaldi Kosasih dengan 2 poin.

Kemudian setelah peluit kuarter pertandingan kedua dibunyikan, Indonesia langsung melakukan gebrakan dalam pertandingan kali ini dan lagi Bolden Kembali menjadi sorotan.

Pria dengan tinggi 2,3 m ini bahkan Kembali mencetak tembekan tiga poinnya. Dengan tembakan dari Bolden ini, Indonesia berhasil terus memimpin skor dalam pertandingan.

Melihat pertandingan semakim memanas dan memojokkan negaranya, pemain asuhan Mohammed Mounir Youssef terus berusaha mengejar kekalahan. Kapten Arab Saudi, Mohammed Airwani pun menjadi andalan Arab Saudi dalam pertandingan ini. Sayangnya upaya tersebut masih kurang maksimal.

Nasib Akhir Timnas Arab Saudi

Hingga kuarter pertama selesai, Indonesia berhasil menambahkan poin hingga membuat jarak skor antara Indonesia dengan Arab Saudi semakin berjarak. Indonesia berhasil menambah poin Kembali yang membuat poin Indonesia unggul 44-30 dengan Arab Saudi.

Pertandingan pun semakin sengit. Meskipun Arab Saudi melakukan banyak tekanan ke Indonesia, pertandingan tetap bisa dilaksanakan dengan baik. Arab Saudi pun tidak bisa mengembangkan permainan dalam tim mereka.

Hingga kuarter tiga, Bolden masih menyumbangkan poin paling banyak. Sembilan poin Kembali ia lesatkan hingga akhirnya bertambah 28 poin. Dengan bertambahnya skor Indonesia, membuat Arab Saudi semakin frustasi karena tertinggal jauh.

Keunggulan Timnas Indonesia pun mampu dipertahankan hingga akhir yang membuat Bolden dan kawan-kawan berhasil meraih kemenangan dengan skor 80-54 atas Arab Saudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.