Gejala Penyakit Seksual Wanita dan Jenisnya

Gejala Penyakit Seksual Wanita beserta ciri-cirinya

Sumber: Alodokter.com
Gejala Penyakit Seksual Wanita
Sumber: Alodokter.com

Gejala Penyakit Sexual pada Wanita Diluar Kemaluan

Gejala Penyakit seksual wanita nyatanya memanglah ada. Penyakit seksual tidak hanya dialami oleh pria saja tetapi, wanita pun juga dapat mengalami penyakit sexual. Ketika wanita terinfeksi suatu penyakit kelamin tertentu maka akan menunjukkan beberapa tanda atau gejala. Berikut gejala yang mungkin dialami oleh wanita Ketika sudah terjangkit penyakit kelamin, diantaranya :

  1. Terdapat kutil atau benjolan
    Jika pada area kelamin terdapat benjolan atau kutil dikhawatirkan hal tersebut merupakan gejala penyakit menular sex. Penyakit menular sex yang biasanya dengan gejala kutil atau benjolan diantaranya herpes genital, sifilis, dan HPV.
  2. Rasa nyeri pada panggul
    Nyeri pada panggul tidak semuanya dikarenakan penyakit menular sex tetapi dikarenakan penyakit lain. Tetapi jika nyeri panggul berhubungan denga penyakit menular sex maka bakteri yang menginfeksi tubuh akan naik ke Rahim.Dimana hal tersebut dapat menyebabkan luka jaringan pada perut. Dan kemudian terjadi peradangan sehingga menimbulkan rasa nyeri yang teramat sakit. Jika hal ini dibiarkan saja tanpa diobati dapat menyebabkan masalah Kesehatan yang serius.
  3. Keputihan secara terus – menerus
    Keputihan pada wanita merupakan hal wajar. Tetapi jika keputihan sudah berbau busuk atau berwarna selain putih jernih. Dan terdapat warna seperti hijau, kuning, abu-abu, dan berbusa dapat dipastikan itu merupakan ciri – ciri penderita penyakit menular sex.Tidak hanya itu lendir yang keluar dari vagina secara abnormal bahkan sudah berbau busuk dan berubah warna hl tersebut bisa juga karena infeksi jamur vagina atau bacterial vaginosis.

    Contoh saja pada penyakit trikomoniasis lendir biasanya akan berubah menjadi warna hijau, kemudian berbusa dan berbau busuk. Penyakit menular sex lain seperti gonore lendirnya juga akan berubah berwarna kekuningan dengan adanya noda darah.

  4. Pendarahan dari vagina
    Pendarahan pada vagina terjadi dikarenakan adanya infeksi bakteri pada organ intim wanita tersebut. Tetapi tidak jarang juga pendarahan vagina juga dikarenakan terdapat penyakit menular sex pada penderita. Seperti pada penyakit kelamin gonore juga terdapat pendarahan pada vagina.

Gejala Penyakit Sexual pada Wanita Dalam Kemaluan

Gejala Penyakit seksual wanita nyatanya memanglah ada. Penyakit seksual tidak hanya dialami oleh pria saja tetapi, wanita pun juga dapat mengalami penyakit sexual. Ketika wanita terinfeksi suatu penyakit kelamin tertentu maka akan menunjukkan beberapa tanda atau gejala. Berikut gejala yang mungkin dialami oleh wanita Ketika sudah terjangkit penyakit kelamin, diantaranya :

  1. Rasa perih saat buang air kecil
    Setiap buang air kecil penderita yang terjangkit penyakit sexual akan mengalami rasa nyeri atau perih. Rasa nyeri atau perih ini terasa panas bahkan seperti rasa terbakar.Biasanya muncul rasa perih ini terjadi pada penyakit sexual seperti klamidia, gonore, trikomoniasis. Tetapi rasa perih saat buang air kecil bisa juga dikareankan penyakit lain seperti infeksi saluran kencing atau batu ginjal.
  2. Keluar cairan dari vagina
    Vagina wanita akan mengeluarkan cairan seperti lendir. Terkadang Ketika seseorang mengidap suatu penyakit sexual menular maka organ vital bisa saja mengeluarkan cairan kental seperti lendeir secara berlebihan. Cairan ini biasanya berbau amis bahkan tak jarang mengeluarkan bau busuk.
  3. Vagina seperti terbakar
    Vagina terasa perih bahkan panas seperti terbakar kemungkinan terinfeksi penyakit sexual menular. Tetapi, tidak hanya itu mungkin saja rasa panas tersebut di karenakan vagina mengalami iritasi atau peradangan. Jika hal ini terus berlannjut maka penderita dapat konsul ke dokter.
  4. Rasa nyeri saat hubungan sex
    Rasa nyeri saat seks pada saat sudah berganti pasangan bahkan sudah berganti kebiasaan sexual perlu diwaspadai. Kemungkinan terjangkit penyakit sexual menular lebih besar. Tetapi nyeri pada saat berhubungan badan tidak hanya berkaitan dengan penyakit menular sex saja.Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan mungkin pengalaman pertama. Tidak hanya itu ejakulasi disertai dengan rasa nyeri juga perlu untuk diwaspadai akan terjangkitnya penyakit menular sex.

Kesimpulan

Berikut gejala – gejala penyakit seksual wanita yang mulai terinfeksi oleh penyakit menular sex. Penyakit menular sex dapat dicegah dengan menghindari sex bebas, menerapkan pola hidup sehat, dan tentunya olahraga yang teratur agar stamina tubuh tetap dalam keadaan maksimal. Sehingga tidak mudah terinfeksi bakteri penyebab penyakit menular sex.

Leave a Reply

Your email address will not be published.