GPT-4 Turbo dari OpenAI : Analisis Gambar dan Teks Terjangkau

GPT-4 Turbo dari OpenAI
banner 120x600
banner 468x60

GPT-4 Turbo dari OpenAI resmi diluncurkan. Pada acara konferensi pengembang pertamanya, OpenAI mengenalkan GPT-4 Turbo. Menurut perusahaan, GPT-4 Turbo adalah versi terbaru dari model GPT-4 yang memiliki kekuatan lebih besar dan lebih terjangkau. Seperti yang dilaporkan oleh Tech Crunch pada tanggal 9 November 2023, GPT-4 Turbo hadir dalam dua varian, yaitu satu varian yang fokus pada analisis teks saja dan varian lainnya yang mampu memahami konteks teks dan gambar sekaligus.

Apa itu GPT-4 Turbo?

GPT-4 Turbo, model analisis teks yang diperkenalkan oleh OpenAI, telah menjadi tersedia untuk para pengembang dalam versi pratinjau melalui API sejak tanggal 7 November 2023. OpenAI juga merencanakan untuk segera menyediakan kedua varian model ini untuk pengguna umum dalam beberapa minggu ke depan.

banner 325x300

Selain itu, GPT-4 Turbo memiliki kebijakan harga yang terjangkau. Pengguna akan dikenakan biaya sebesar USD 0,01 (sekitar Rp 156) untuk setiap 1.000 token masukan. Token ini merupakan potongan teks mentah, yang berarti bahwa kata-kata seperti “fantastis” akan dipecah menjadi “fan”, “tas”, dan “tis”. Untuk token keluaran, biayanya adalah USD 0,03 (sekitar Rp 470) per 1.000 token.

Penting untuk diingat bahwa token masukan adalah token yang digunakan saat memasukkan teks ke dalam model, sementara token keluaran adalah token yang dihasilkan oleh model berdasarkan teks masukan. Selain itu, biaya penggunaan GPT-4 Turbo untuk pemrosesan gambar akan bervariasi tergantung pada ukuran gambar. Sebagai contoh, pengiriman gambar dengan resolusi 1080×1080 piksel ke GPT-4 Turbo akan dikenai biaya sekitar USD 0,00765 (sekitar Rp 120).

OpenAI telah meningkatkan kinerja GPT-4 Turbo sehingga harga token masukannya menjadi 3 kali lebih murah dan harga token keluarannya menjadi 2 kali lebih murah dibandingkan dengan GPT-4. Dalam sebuah postingan blog yang dibagikan melalui TechCrunch, OpenAI menjelaskan bahwa mereka telah mengoptimalkan model ini untuk memberikan harga yang lebih terjangkau.

Selain perbedaan dalam harga, GPT-4 Turbo juga memiliki beberapa peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya, GPT-4. Salah satu peningkatan yang mencolok adalah basis pengetahuan terbaru yang dapat digunakan dalam merespons permintaan. Dengan pengetahuan yang lebih mutakhir, GPT-4 Turbo memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memberikan jawaban dan informasi yang relevan. Dengan demikian, GPT-4 Turbo adalah model yang lebih kuat dan lebih ekonomis, memberikan nilai tambah bagi para pengguna yang memanfaatkannya.

GPT-4 Turbo dari OpenAI Perluas Konteks Hingga 128.000 Token

GPT-4 Turbo dari OpenAI
Freepik.com/freepik

GPT-4 Turbo menghadirkan jendela konteks yang sangat besar dengan 128.000 token, yang jauh lebih besar daripada model GPT-4 yang hanya memiliki 32.000 token. Ini menjadikannya model dengan jendela konteks terbesar yang tersedia secara komersial. Untuk memberikan gambaran, 128.000 token dapat mewakili sekitar 100.000 kata atau setara dengan 300 halaman teks. Selain itu, GPT-4 Turbo juga memiliki fitur baru yang disebut “mode JSON.” Ini memungkinkan model merespons dengan format JSON yang valid, yang merupakan format standar terbuka untuk pertukaran data. Mode ini berguna untuk aplikasi yang mengirim data dari server ke klien dan memudahkan tampilan data di halaman web.

OpenAI juga mencatat bahwa GPT-4 Turbo memiliki performa yang lebih baik daripada model sebelumnya, terutama dalam tugas yang memerlukan instruksi khusus, seperti menghasilkan format tertentu seperti XML. Ini membuatnya menjadi model yang lebih canggih dan responsif dalam mengembalikan hasil yang sesuai dengan parameter fungsi yang diberikan.

GPT-4 Ditingkatkan?

Pada saat itu, OpenAI tidak hanya merilis versi terbaru dari ChatGPT mereka. Mereka juga memperkenalkan program eksperimental untuk meningkatkan GPT-4. Berbeda dengan program penyempurnaan untuk GPT-3.5, program untuk GPT-4 melibatkan lebih banyak pengawasan dan bimbingan dari tim OpenAI, terutama karena ada beberapa kendala teknis yang harus diatasi.

OpenAI mengungkapkan bahwa hasil awal menunjukkan bahwa meningkatkan GPT-4 memerlukan lebih banyak upaya dibandingkan dengan model dasar, berbeda dengan peningkatan besar yang diperoleh dengan GPT-3.5.

Selain itu, OpenAI juga mengumumkan bahwa mereka telah menggandakan batas tarif token per menit untuk semua pelanggan berbayar. Meskipun demikian, harganya tetap sama, yaitu USD 0,03 per token masukan dan USD 0,06 per token keluaran untuk model GPT-4 dengan jendela konteks 8.000 token. Sedangkan untuk GPT-4 dengan jendela konteks 32.000 token, harganya adalah USD 0,06 per token masukan dan USD 0,012 per token keluaran.

Perbedaan GPT-4 dan GPT-4 Turbo

Ada beberapa perbedaan antara GPT-4 dan GPT-4 Turbo dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Kapasitas Memori: GPT-4 Turbo memiliki kapasitas memori yang lebih besar daripada GPT-4. GPT-4 Turbo mampu mengakses informasi hingga tahun 2023, sementara GPT-4 hanya memiliki data hingga September 2021.
  2. Harga: GPT-4 Turbo ditawarkan dengan harga yang lebih rendah. Harga token masukan dan token keluaran GPT-4 Turbo jauh lebih terjangkau, menjadikannya lebih mudah diakses oleh berbagai kalangan pengguna.
  3. Kecepatan Respons: GPT-4 Turbo memiliki peningkatan kinerja yang memungkinkannya memberikan respons lebih cepat, sehingga cocok untuk aplikasi yang memerlukan interaksi real-time. Hal ini membedakannya dari GPT-4 yang mungkin lebih lambat dalam memberikan respons.
  4. Akses Terhadap Pembaruan: GPT-4 Turbo juga memiliki keunggulan dalam ketersediaan saat permintaan tinggi dan akses terhadap pembaruan. Ini memastikan pengguna dapat tetap mendapatkan hasil yang akurat dan up-to-date, sementara GPT-4 mungkin tidak memiliki tingkat ketersediaan yang sama .

Perbedaan utama ini membuat GPT-4 Turbo menjadi pilihan yang lebih kuat dalam banyak kasus penggunaan, terutama jika Anda membutuhkan akses ke data terbaru, respons cepat, dan biaya yang lebih terjangkau.

Keunggulan Lain GPT-4 Turbo dari OpenAI

GPT-4 Turbo dari OpenAI
Freepik.com/frimufilms

GPT-4 Turbo dari OpenAI memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya unggul:

  1. Jendela Konteks yang Luas: GPT-4 Turbo menawarkan jendela konteks (context window) sebesar 128.000 token. Ini merupakan empat kali lipat ukuran jendela konteks GPT-4 sebelumnya dan merupakan yang terbesar di antara model-model yang tersedia secara komersial. Dengan jendela konteks yang luas ini, model ini dapat memahami dan merespons dengan lebih baik informasi yang lebih panjang.
  2. Harga yang Lebih Terjangkau: OpenAI mengumumkan penurunan harga GPT-4 Turbo. Meskipun mereka menggandakan batas tarif token per menit untuk pelanggan berbayar, harganya tetap terjangkau, yaitu USD 0,03 per token masukan dan USD 0,06 per token keluaran untuk model GPT-4 dengan jendela konteks 8.000 token. Untuk model GPT-4 dengan jendela konteks 32.000 token, harga adalah USD 0,06 per token masukan dan USD 0,012 per token keluaran.
  3. Mode JSON: GPT-4 Turbo juga mendukung “mode JSON” baru. Mode ini memastikan bahwa model merespons dengan JSON yang valid, yang merupakan format file standar terbuka dan format pertukaran data. Ini berguna untuk aplikasi yang mengirim data dari server ke klien, sehingga data dapat ditampilkan di halaman web.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, GPT-4 Turbo menawarkan kemampuan yang lebih kuat dan harga yang lebih terjangkau. Apalagi untuk berbagai aplikasi pengolahan bahasa alami dan pemrosesan teks.

Kesimpulan

GPT-4 Turbo dari OpenAI adalah pencapaian besar dalam pengembangan kecerdasan buatan. Dengan kemampuan yang setara dengan manusia dalam berbagai tolok ukur profesional dan akademik, model ini membawa teknologi ke tingkat yang lebih tinggi. Penggunaannya yang lebih terjangkau dengan penurunan harga yang signifikan membuatnya lebih dapat diakses oleh banyak orang.

Selain itu, GPT-4 Turbo juga menghadirkan sejumlah pembaruan dan layanan API. Hal ini menjadikannya salah satu model kecerdasan buatan yang paling canggih saat ini. Dengan peningkatan ini, model ini memiliki potensi besar untuk menghadirkan respons yang lebih canggih dalam berbagai konteks. Mulai dari pemrosesan gambar hingga ujian akademik. Inovasi ini memperluas batas-batas kecerdasan buatan dan memberikan lebih banyak peluang bagi pengguna untuk mengambil manfaat dari teknologi ini. Dengan GPT-4 Turbo, OpenAI terus memimpin dalam pengembangan model bahasa dan kecerdasan buatan. Informasi Teknologi Terkini hanya di Detik IDN.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *