Harajuku Jepang Vs Citayam Fashion, Mana yang Lebih Bagus?

Harajuku Jepang dan Citayam Fashion, Ulik Fakta Selengkapnya

Harajuku jepang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan, Harajuku menjadi salah satu fashion iconic dari negara tirai bamboo tersebut.

Namun, di Indonesia selain gaya Harajuku yang sedang marak ada fenomena fashion terbaru yaitu citayam fashion week, pada akhir – akhir ini sedang booming fenomena citayam fashion week. Bahkan, Media fashion Jepang, Tokyo Fashion melihat sekaligus mengapresiasi fenomena Citayam Fashion Week.

Harajuku Jepang
Sumber: ngopibareng.id

Fenomena fashion ini mengacu pada kelompok – kelompok remaja dari berbagai kota yang berasal DKI Jakarta.

Para kelompok remaja tersebut berkumpul dengan busana yang nyentrik di kawasan Terowongan Kendal dan Stasiun BNI City, Jakarta Selatan. Para kelompok remaja tersebut bergaya bagaikan model profesional di setiap sudut kawasan itu.

Tokyo Fashion mengapresiasi remaja Indonesia yang bergaya ala catwalk di jalanan Kawasan Jakarta. Apresiasi tersebut disampaikan dalam Twitter, @TokyoFashion pada Senin (11/7/2022).  Tokyo Fashion bahkan telah meminta sejumlah situs dan akun street snap Indonesia untuk mendokumentasikan serta mendukung para remaja tersebut.

Selain itu, Tokyo Fashion juga membandingkan munculnya fenomena Citayam Fashion Week dengan kelahiran street fashion Harajuku di Distrik Shibuya, Tokyo.

Penuturan dari Tokyo fashion bahwa kehadiran street fashion Harajuku dulunya juga dianggap nyeleneh serta tidak dihargai oleh masyarakat setempat.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu gaya Harajuku pelan-pelan mulai diterima oleh masyarakat setempat. Lalu, apakah sebenarnya street fashion Harajuku yang kemunculannya mirip dengan Citayam Fashion Week?

Fakta Street Fashion Harajuku Jepang

  1. Harajuku merupakan suatu nama Kawasan
    Meskipun nama harajuku identik dengan gaya berpakaian street fashion. Tetapi, sebenarnya Harajuku ialah nama kawasan di Jepang.Dikutip dari situs Japan National Tourism Organization (JNTO), Harajuku merupakan sebuah nama distrik atau kawasan di area sekitar Stasiun Harajuku. Dimana, stasuin tersebut berada diantara Shibuya dan Shinjuku san terletak pada jalur kereta Yamanote.

    Pada kawasan Harajuku banyak dipenuhi dengan deretan butik dan toko fashion yang menjual koleksi pakaian trend terbaru. Tak hanya itu, terdapat restoran serta kafe di sepanjang kawasan Harajuku.

    Dimana, Kawasan tersebut merupakan tempat nongkrong para anak muda Jepang. Surga mode fashion ini berpusat di Jalan Takeshita Dori atau dikenal dengan Jalan Takeshita.

  1. Style dari gaya Harajuku
    Gaya Harajuku ialah fashion street dengan gaya yang unik dan nyentrik. Dilansir dari The Culture Trip, ciri khas dari gaya Harajuku adalah kreativitas dalam permainan dan perpaduan warna – warna mencolok.Selain itu, gaya Harajuku juga merupakan imajinasi dari sebuah  karakter sehingga timbullah gaya busana yang unik. Beberapa gaya Harajuku yang terkenal diantaranya gyaru, cosplay, gadis lolita, gothic, visual kei, dan sebagainya.

    Tidak hanya di negara Jepang, gaya Harajuku mulai dikenal pada tataran fashion global. Contohnya, artis internasional Lady Gaga juga ikut menampilkan trend gaya Harajuku.

  1. Sejarah dari Harajuku
    Pada sekitar tahun 1970-an, saat kiblat mode fashion Jepang berubah dari Shibuya, maka street fashion Harajuku mulai dipandang. Perkembangan gaya Harajuku semakin pesat seiring dengan pertunjukan musik setiap weekend di kawasan tersebut.Hal itulah yang menjadi ajang ekspresi bagi gaya busana anak muda Jepang. Sementara itu, gaya Harajuku berkembang makin pesat pada kancah international awal 2000-an.
  1. Wisata di harajuku
    Takeshita Street ialah pusat perbelanjaan paling sibuk pada kawasan Harajuku. Pengunjung dapat menjumpai trend street fashion yang menarik sekaligus terjangkau sepanjang kawasan.Selain itu, terdapat toko yang menjual aksesoris, kosmetik, serta merchandise. Tidak heran jikaTakeshita Street merupakan lokasi favorit para anak muda.

Berikut ulasan mengenai mode fashion yang sedang booming saat ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.