Sejarah Singkat Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Bentuk Partisipasinya!

Hari Lahir Pancasila
Foto: Ist/Net

Peringatan Hari Lahir Pancasila selalu ramai dirayakan baik dari segi anak sekolah, maupun yang bekerja. Karena pada hari tersebut akan diliburkan dengan tujuan untuk peringatan. Sehingga dimana-mana akan ramai dengan perayaan Hari Pancasila.

Hari tersebut jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya, sehingga semua aktivitas libur tanpa terkecuali. Selanjutnya tema pancasila tahun ini adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Sudah pastinya akan ramai oleh masyarakat yang memeriahkan.

Hari Lahir Pancasila
Foto: Ist/Net

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Begini Harusnya Warga Berpartisipasi

Pancasila adalah pedoman dan lambang dari Negara Indonesia, oleh karena itu ketika tiba hari kelahirannya selalu dirayakan. Berikut untuk penjelasan mengenai Hari Pancasila dan bentuk partisipasinya, kamu yang belum tahu dapat menyimaknya.

Partisipasi Warga Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila

Saat ini Indonesia masih belum sepenuhnya pulih dari virus Covid-19. Oleh karena itu, wajar jika aktivitas masih terbatas. Sama halnya dengan acara memperingati lahirnya Pancasila, yang dimana dahulu sering dilakukan.

Namun kini ada yang melakukan upacara secara virtual, karena untuk memperingati hari tersebut biasanya ditandai dengan sebuah upacara. Baik dari lembaga pendidikan, hingga masuk ke dunia kerja juga akan melakukan acara upacara. Selain itu untuk memeriahkan hari tersebut, biasanya warga akan mengadakan berbagai macam lomba.

Antara lain seperti pameran gambar pancasila, menggunakan kostum bertema burung garuda, dan masih banyak lainnya. Semua hal tersebut tergantung inisiatif dari ide warga. Namun untuk upacara memperingati biasanya sudah menjadi kewajiban untuk di daerah manapun.

Awal Lahirnya Pancasila

Di balik Hari Lahir Pancasila pastinya ada sejarah yang membelakanginya. Bermula dari kekalahan Jepang di peperangan Pasifik, sehingga mereka berusaha mengambil hati Indonesia. Dengan catatan akan memberikan kemerdekaan dan membentuk lembaga untuk mempersiapkan hal tersebut.

Nama dari lembaga tersebut yakni Dokuritsu Junbi Cosakai. Mereka mengadakan sidang  pertama pada 29 Mei dan selesai pada 1 Juni. Rapat pertama kali diselenggarakan di gedung Chuo Sangi In, yang berada di Jl. Pejambon 6 Jakarta. Namun kini telah diganti menjadi gedung pancasila.

Karena belum menemukan titik terang, sehingga pada 1 Juni bapak Ir. Soekarno mengemukakan gagasan untuk dasar negara. Sehingga pidato tersebut disiapkan secara tertulis terlebih dahulu, lalu baru diterima secara aklamasi oleh anggota BPUPKI.

Kemudian anggota tersebut akan membentuk panitia kecil yang dinamakan sebagai Panitia Sembilan. Terdiri dari Mohammad Yamin, Wahid Hasjim, Achmad Soebardjo, Agus Salim, Abdul Kahar Muzakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, Mr. AA Maramis, Mohammad Hatta, dan Ir. Soekarno. Nama tersebut yang bertugas merumuskan pancasila dengan menggunakan pidato Ir. Soekarno sebagai gagasannya.

Biasanya perayaan hari pancasila akan dihias dengan banyak gambar burung garuda, yang terpampang di setiap kelas atau pinggir jalan. Hal tersebut juga bertujuan supaya kamu selalu mengingat Hari Pancasila, serta semua perjuangan yang telah dilalui untuk pembuatan dasar negara tersebut.

Demikian ulasan lengkap mengenai peringatan Hari Lahir Pancasila. Kamu yang sedang mencari referensinya maka dapat membaca bacaan artikel ini. Supaya kamu lebih mengerti perjuangan dan hormat negara, jangan lupa ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Pancasila..

Leave a Reply

Your email address will not be published.