Hobi untuk Hidup Sehat, Apakah itu Benar Bermanfaat?

Rekomendasi Hobi untuk Hidup Sehat yang Bisa Kamu Coba

 

Hobi untuk Hidup Sehat
Sumber: republika.co.id

Hobi untuk hidup sehat memang tidak dimiliki oleh semua orang, karena banyaknya orang mengira bahwa dengan hobi tersebut akan sangat merepotkan. Padahal hobi-hobi tersbeut bisa juga kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang sederhana.

Memang hobi banyak digunakan untuk melepas penat, menyalurkan keahlian atau bakat dan bisa juga untuk meraup keuntungan. Namun, tidak mustahil sejumlah hobi juga bisa membuat kamu lebih sehat dari biasanya.

Lalu apa saja ya kira-kira hobi yang tak hanya membuat kamu semakin produktif tapi juga membuat kamu semakin sehat setelah melakukannya? Berikut adalah beberapa rekomendasi hobi yang dipercaya mampu meningkatkan Kesehatan tubuh kamu.

5 Hobi untuk Hidup Sehat yang Perlu Kamu Coba Lakukan

  1. Membaca
    Siapa diantara kamu yang suka membaca buku? Dengan membaca buku memang kita akan mengetahui banyak hal di dunia karena membaca adalah jendela dunia. Namun, tak hanya meningkatkan pengetahuan kita, membaca buku ternyata juga mampu memberikan efek samping yang baik untuk Kesehatan kita.Beberapa peneliti menemukan fakta bahwa dengan membaca dalam kurun waktu 30 menit saja mampu menurunkan tekanan darah kamu, dan ternyata efek samping tersebut sangatlah menarik karena ternyata sama efektifnya dengan melakukan yoga dalam waktu 30 menit.Efek samping lainnya, kamu akan mendapatkan kesenangan karena membaca buku dengan topik yang kamu senangi dan membuat kamu tertarik. Kamu juga tidak perlu membaca dengan terburu-buru karena kunci dari kegiatan ini adalah membaca buku dengan tenang dan rileks.
  2. Yoga
    Seperti yang kita tahu sejak dulu bahwa yoga ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk Kesehatan tubuh. Terutama jika dilakukan secara berkala, akan melatih fleksibilitas tubuh hingga kekuatan dan juga stamina tubuh lho.Tak hanya itu, pikiran kamu juga akan tenang karena melakukan kegiatan ini terutama untuk pernafasan dan tubuh kamu.Untuk kamu yang ingin melakukan yoga low budget, kamu bisa gunakan alas seadanya di rumah kamu yang bisa kamu jadikan tumpuan agar bagian tubuh kamu tidak sakit karena terkena lantai.Kamu juga bisa menonton video yoga di social media atau youtube, apabila kamu tidak bisa menyewa instruktur yoga. Praktis dan tidak sulit, ‘Kan?
  3. Memasak
    Memasak, bisa dibilang kegiatan ini sangat umum dan hampir semua orang melakukannya dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan merambah hingga dunia bisnis lho.Aktivitas ini bisa menjadi hobi yang menyehatkan jika memiliki keterkaitan yang tepat seperti makanan yang dipilih memiliki kandungan makronutrien, seperti protein, lemak, dan karbohindrat.Dengan mengetahui hal tersebut setiap kali makan, maka kamu bisa menghindari bahan makanan yang memang tidak menyehatkan dan bisa terus melanjutkan aktivitas memasak kamu dengan bahan yang sehat.
  4. Menari
    Nah, kalau kamu ingin melakukan kegiatan yang bisa menyehatkan sekaligus mampu membuat tubuhmu semakin ramping, kamu bisa mencoba aktivitas yang satu ini. Aktivitas ini juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang tidak bisa Latihan di gym atau melakukan fitness.Tak hanya memberikan manfaat untuk Kesehatan tubuh, menari juga bisa memberikan manfaat lain seperti koordinasi, kesiembangan dan juga fleksibilitas. Bahkan ada juga yang melatih kekuatan seperti pole dance.

    Tak hanya pole dance ada banyak pilihan tarian yang bisa kamu coba seperti swing, salasa atau bahkan hip-hop.

  5. Mendaki Gunung
    Mendaki gunung, banyak dari orang-orang yang menganggap aktivitas ini hanya dilakukan untuk sekedar gaya-gayaan saja. Namun, tidak semua seperti itu ya. Banyak orang yang melakukannya untuk melatih kekuatan diri dan menyehatkan tubuh.Tak hanya melatih kekuatan diri, mendaki gunung juga memiliki manfaat lainnya seperti memperkuat system kardiovaskular, membuat tubuhmu yang tegang karena banyak tekanan semakin rileks.Agar perjalanan pendakian gunung kamu terasa asik, kamu bisa melakukannya bersama teman sambil membawa makanan favorit kamu atau camilan-camilan ringan lainnya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa aktivitas yang bisa kamu coba tidak hanya untuk mengisi waktu luang kamu, tapi juga bertujuan menyehatkan tubuh kamu. Namun, tidak serta merta hanya dilakukan saja, kamu juga perlu menjaga Kesehatan tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan melakukan kegiatan kecil lainnya yang menyehatkan tubuh dan membuat kamu semakin rileks dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.