Hype, Korea  

Korea selatan, Negara dengan Beragam Budaya yang Khas

Budaya ini Hanya Ada di Korea Selatan. Apa Saja Itu?

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang cukup populer saat ini di kalangan masyarakat terutama para remaja. Kepopuleran dari negara ini tentunya berkat suksesnya di berbagai industri yang mereka jalankan mulai dari entertainment hingga pariwisata.

Negara ini dapat menciptakan berbagai “demam” di masyarakat yang membuat banyak masyarakat local hingga masyarakat internasional tertarik untuk membicarakan negeri ginseng ini.

Korea Selatan
Sumber: suneducationgroup.com

Selain terkenal akan industri entertainment seperti K-Drama dan juga K-Pop, Korea Selatan juga memiliki beragam keunikan yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat umum.

Keunikan dari salah satu negeri ginseng tersebut banyak terletak di dalam budaya yang sudah dijunjung tinggi oleh masyarakatnya sejak dahulu kala.

Budaya Korea Selatan yang Paling Khas

  1. Budaya dalam berbahasa
    Masih belum banyak diketahui bahwa Korea Selatan memiliki tujuh tingkatan bahasa yang digunakan dalam melakukan komunikasi sehari – hari. Namun, bagi pemula biasanya hanya akan menggunakan tiga tingkatan saja dalam kehidupan sehari-hari.

    Tiga tingkatan tersebut diantaranya formal (hapsyoche), sopan (haeyo), dan informal (haeche). Bahasa formal umumnya digunakan ketika berbicara dengan seorang yang lebih tua, orang penting yang memiliki pangkat tinggi, atau pun orang asing.

  1. Hanok
    Tak hanya di Indonesia saja yang memiliki rumah adat yang unik,tetapi Korea Selatan juga memiliki rumah adat dengan bentuk dan interior yang tak kalah uniknya. Rumah adat Korea Selatan ini disebut dengan Hanok.

    Hanok memiliki keunikan dari segi arsitekturnya yang cenderung artistik sehingga banyak wisatawan yang menyukai rumah adat ini. Hal inilah yang membuat pemerintah Korea Selatan melakukan pemugaran di beberapa desa yang pastinya memiliki bangunan rumah Hanok.Pemugaran tersebut bertujuan untuk dijadikan sebagai desa tradisional yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan sektor wisata.

  1. Hanbok
    Hanbok merupakan sebutan bagi pakaian tradisional Korea. Pakaian ini umumnya menggunakan corak warna yang cerah.Hanbok pada saat ini masih sering digunakan di berbagai kegiatan seperti pertemuan keluarga, festival budaya, hingga untuk acara pernikahan.
  1. Nakji
    Budaya Nakji merupakan budaya dari orang Korea Selatan yang akan melahap gurita secara hidup-hidup. Nakji merupakan makan gurita yang masih hidup dengan cara gurita hidup dipotong kecil-kecil dan ditaburi dengna biji wijen.

    Meskipun terlihat cukup tidak lazim dan ekstrem tetapi budaya ini masih sering dilakukan oleh masyarakatnya.Namun, perlu diingat bagi yang ingin mencoba budaya nakji perlu berhati-hati sebab bagi pemula biasanya belum bisa untuk menelan gurita hidup tersebut. Sehingga, seringkali muntah ketika mengkonsumsi makanan unik ini.

  1. Festival atau perayaan lumpur
    Salah satu festival yang mejadi rutinitas dan harus dilakukan di negeri ginseng ini di setiap tahunnya adalah Boryeong Mud Festival. Sama halnya dengan nama festival tersebut maka perayaan festival ini dimeriahkan dengan penggunaan lumpur untuk mandi bersama.

    Masyarakat negara gingseng ini mempercayai bahwa lumpur merupakan bahan yang baik untuk Kesehatan kulit. Festival ini pun sudah dilakukan secara rutin sejak tahun 1988 hingga sekarang.

  1. Sauna
    Sauna publik di Korea selatan disebut dengan Jjimjilbangs, bagi yang sering menonton drama Korea pastinya tidak asing dengan tempat sauna public.

    Jjimjilbangs atau sauna pubik ini memiliki area untuk tidur dan buka hingga 24 jam non stop. Di sauna public ini juga menyediakan fasilitas makanan berupa aneka snack dan minuman.

Itulah dia beberapa fakta unik yang mungkin saja baru anda ketahui. Korea selatan sangat menjungjung tinggi budaya dari leluhur mereka. Tak heran jika sector pariwisata berkembang seiring dengan pertunjukkan budaya yang unik dari korea selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *