Korea utara, Negara Militer dengan Beragam Fakta Unik

Fakta Unik Ini Hanya Ada di Korea Selatan, Apa Saja Itu?

Korea utara secara resmi disebut dengan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK). Negara ini dalam kurun waktu yang cukup lama menjadi sumber konflik antar negara korea. DPRK didirikan di bagian utara Korea dengan bantuan dari Uni Soviet pada tanggal 9 September 1948.

Korea Utara
Sumber: travel.tribunnews.com

Hal ini tentunya terjadi setelah kedudukan yang cukup lama dari negara Jepang runtuh.  Pada tahun 2018, diperkirakan negara ini memiliki populasi sejumlah 25.549.604 orang yang tinggal di area seluas 46.540 mil persegi (120.540 kilometer persegi).

Dan memiliki kepadatan penduduk 549,1 per mil persegi (212 per km persegi). PDB pada negara Korea Utara diperkirakan mencapai $30 juta pada tahun 2017, dengan mata uang negara tersebut yaitu Korean People’s Won (KPW).

Namun, dibalik itu, ada beberapa keunikan yang tidak akan kamu dapatkan di negara lain dan hanya ada di negara Korea Utara. Apakah saja itu?

Fakta Unik Korea Utara

  1. Korea utara dengan korea selatan telah berperang sejak 1950
    Setelah pendudukan Korea dikuasai oleh Jepang, dan berakhirnya Perang Dunia II, baik Soviet Rusia maupun AS sudah memiliki rencana untuk masa depan negara itu.Hal ini menimbulkan pasukan pimpinan AS menduduki selatan negara itu sementara pasukan pimpinan Soviet menduduki bagian utara negara tersebut.

    Tentu saja ini berakibat pada terbentuknya pemerintahan pro-barat di selatan di bawah kendali AS. Sedangkan, pemerintah komunis yang mendapat dukungan dari soviet terbentuk di utara.Sementara itu, tujuan dari Uni Soviet dan AS sebenarnya sama yaitu untuk menyatukan Korea, mereka memiliki ide yang berbeda tentang seperti apa Korea yang baru bersatu. Setiap upaya untuk menemukan titik temu tersebut selalu gagal berkali-kali.

    Ketegangan meningkat antara kedua belah pihak, hingga akhirnya menyebabkan pecahnya perang pada tahun 1950. Sementara perang berakhir dengan tidak adanya titik temu pada tahun 1953.

    Dan tidak ada perjanjian damai secara resmi yang ditandatangani oleh kedua pihak, dan dengan demikian perang tidak benar-benar berakhir.

  1. Rakyat korea utara tidak menamai diri mereka orang korea utara
    Wilayah yang sekarang ini terdiri dari Korea Utara dan Korea Selatan, telah menjadi satu negara bersatu untuk periode sejarah yang cukup panjang. Penyatuan ini telah mengalami perpecahan sejak kedua belah pihak negara berpisah setelah Perang Dunia II terjadi.Secara teknis mereka adalah Republik Rakyat Demokratik Korea, walaupun mereka hanya dapat mengontrol utara Semenanjung Korea, mereka semua adalah orang Korea.

    Menurut mereka, orang di wilayah selatan juga merupakan warga DPRK dan dengan demikian juga orang Korea. Namun, dalam kasus ini orang Korea ditindas oleh pemerintah yang tidak sah.

  1. Stadion Pyongyang merupakan stadion terbesar di dunia
    Walaupun dilakukan pembangunan kembali pada tahun 1989, stadion May Day Korea Utara memiliki kapasitas tempat duduk terbesar di dunia yaitu dengan 150.000 kursi.Stadion ini paling banyak digunakan saat Pertandingan Massal tahunan yang terkenal di negara tersebut. Sebuah acara yang fokus pada tarian dengan koreografi yang ketat dan pertunjukan senam yang tentunya mengesankan.
  1. Memiliki kalender sendiri
    Mayoritas negara di dunia menggunakan kalender Gregorian, dimana kalender tersebut menghubungkan tahun dengan kelahiran Yesus Kristus (SM atau AD).Korea Utara sebenarnya memiliki sistem yang serupa, namun justru berdasar pada kelahiran Pemimpin Besar mereka yaitu Kim Il Sung.Tahun pertama dalam kalender Republik Rakyat Demokratik Korea, atau disebut dengan kalender Juche, dimulai pada tahun 1912, meskipun kalender tersebut baru diberlakukan pada tahun 1997.
  1. Tidak terdapat jaringan
    Selain untuk beberapa kelompok elit, seluruh warga negara benar-benar diblokir dari internet. Mungkin yang diizinkan untuk mengakses Intranet yang merupakan internet asli negara tersebut dan hanya berlaku di bagian kota Kwangmyong.Jaringan ini berjalan hanya di dalam negeri dengan akses yang sangat terbatas ke sejumlah situs web saja. Aksesnya pun harus disetujui oleh negara dan jenis email sederhana yang sangat disensor.

    Satu-satunya orang selain elit yang akan diizinkan mengakses internet sebenarnya adalah orang yang bekerja di unit propaganda atau peretasan pemerintah.

Berikut fakta unik dari negara korea utara yang mungkin  belum banyak kita ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *