Hype  

Kulit Kepala Kering, Berikut Cara Mengatasi dalam Kesehatan

Kulit Kepala yang Kering dan Berketombe serta cara mengatasinya

Sumber: alodokter.com
Kulit Kepala Kering
Sumber: alodokter.com

Kulit kepala kering dan berketombe seringkali menjadi momok di masyarakat. Dikarenakan hal tersebut biasanya akan menimbulkan rasa gatal dan juga tidak nyaman. Hal ini dapat ditandai dengan adanya bercak dan sisik pada kulit kepala. Dan jika disertai dengan ketombe maka kulit kepala akan rontok bahkan disertai dengan warna kekuningan serta berminyak. Bahkan terkadang menempel pada rambut dan kulit kepala.

Dan juga keduanya dapat diikuti dengan rasa gatal pada kulit kepala. Kulit kepala kering dapat disebabkan banyak hal mulai dari eksim, psoriasis, bahkna dermatitis seboroik. Dan cara mengatasinya pun berbeda – beda.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan dua Metode

Beberapa cara mengatasi kulit kering dan ketombe :

  • Secara medis

    1. Menggunakan pelembap atau moisturizer
      Salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit kepala dengan penggunaan pelembab pada malam hari. Dengan penggunaan pelembab pada malam hari dapat membuat kulit kepala lebih lembab. Sehingga kulit kepala kering yang mengelupas akan menempel pada pelembab.Kemudian pada keesokan paginya rambut dapat dibilas hingga bersih dengan begitu kulit kepala kering dan berketombe lambat laun akan berkurang. Selain, itu daapt menggunakan shampoo anti iritasi yang didalam nya mengandung pelembab atau moisturizer.
    2. Salep dan sampo dengan kandungan asam salisilat
      Salep dan shampoo dengan kandungan obat asam salisilat juga dapat digunakan untuk masalah kulit kepala. Sediaan dengan kandungan selain salep dan shampoo yang dapat digunakan seperti krim, gel, serta lotion. Untuk kadar obat asam salisialtnya sendiri tergantung dari anjuran resep dokter.
    3. Obat sesuai resep dokter
      Dengan penggunaan obat yang memiliki khasiat antijamur, kortikosteroid, dan vitamin D yang sesuai angjuran dari dokter dapat mengurangi masalah kulit kepala kering.
  • Secara alami

    1. Daun mint
      Daun mint dapat bermanfaat untuk menyejukkan kepala sehingga kulit kepala menjadi lembab. Dengan begitu kulit kepala yang kering akan berkurang serta ketombe juga menghilang. Dan kulit kepala yang gatal lambat laun akan berangsur dikarenakan kulit kepala terasa sejuk dan lembab. Cara penggunaan daun mint untuk masalah tersebut bisa dengan menumbuk daun mint kemudian dioles serta dipijat. Kemudian setelah beberapa saat bilas menggunakan air bersih.
    2. Tea tree oil
      Tidak hanya untuk mengobati jerawat pada wajah tea tree oil juga dapat mengatasi masalah kulit kepala. Tea tree oil ini berasal dari minyak pohon tah yang kemudian diekstrak dan dijadikan minyak. Tea tree oil ini dapat membantu peredaran darah pada area kepala menjadi lancar. Dengan begitu dapat mengurangi rambut rontok secara berkala. Dengan cara lakukan pijatan di kepala secara rutin menggunakan minyal tea tree oil tersebut.
    3. Aloe vera
      Tumbuhan alove vera memiliki khasiat sebagai tanaman antiseptic. Dalam hal ini aloe vera dapat berfungsi untuk mendinginkan kepala. Sehingga kepala terasa sejuk dan lembab. Dan daapt mengurangi permasalahan kulit yang kering terutama bagian kepala. Bahkan juga daapt mengurangi ketombe pada rambut jika digunakan dengan teratur. Aloe vera dapat digunakan dengan cara mengoleskan batang aloe vera pada rambut kepala.
    4. Cuka apel
      Sediaan cuka apel memiliki banyak kandungan vitamin di daalm nya. Dengan begitu maka dapat digunakan untuk mengontrol minyak rambut yang berlebihan. Sehingga dapat mengurangi rambut lepek dan kulit kepala yang lembab. Maka, dari itu penggunaan cuka apel dapat mengurangi permasalahan tersebut serta masalah ketombe, hingga rasa gatal pada rambut yang lepek.

Beberapa cara diatas yang daapt dilakukan untuk mengatasi masalah kulit kepala kering dan rambut rontok. Dan penggunaan bahan alami sangat dianjurkan untuk tetap menjaga Kesehatan kulit kepala dan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.