Korea  

Makanan Khas Korea Halal yang Patut Kamu Coba

Jenis makanan Khas Korea Halal yang bisa kamu Coba

Sumber:ruparupa.com
Makanan Khas Korea Halal
Sumber:ruparupa.com

Makanan khas korea halal hingga fashion korea di era sekarang sangat digandrungi oleh kaum remaja di berbagai negara. Dalam waktu dekat ini makanan korea sedang booming tak terkecuali di Indonesia. Sekarang, banyak sekali street food yang menyajikan makanan korea.

Dan tentu nya makanan korea yang disajikan adalah makanan halal. Sebab di Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas memeluk agama islam.

Jenis Makanan Khas Korea Halal Untuk Camilan

Berikut Makanan Khas Korea Halal yang bisa kamu nikmati sebagai cemilan, diantaranya:

  1. Tteokbokki
    Makanan korea satu ini begitu banyak digemari karena memiliki perpaduan rasa yang unik. Tteoboki sering kali muncul dalam banyak drama series korea. Tteoboki merupakan makanan korea dengan isian kue beras yang kenyal. Kemudian dipadukan dengan saus pedas manis yang kental dan khas.

    Membuat makanan satu ini cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang memang penyuka makanan pedas. Tidak lupa tteoboki dapat disajikan dengan bahan tambahan atau topping makanan lain seperti telur rebus, mie, jamur enoki, hingga berbagai macam bakso – baksoan.

  2. Jajangmyeon
    Makanan korea satu ini dikenal dengan sebutan mie hitam. Warna hitam pada saus jajangmyeon dihasilkan dari black bean paste atau pasta kacang kedelai. Saus hitam dalam jajangmyeon berisi daging, bawang Bombay, sayuran seperti zucchini, kentang, serta kubis.

    Jajangmyeon ini disajikan bersamaan dengan irisan timun segar dan juga kimchi. Kimchi yang disajikan biasanya kimchi lobak atau kimchi daun bawang.

Jenis Makanan Khas Korea Halal untuk Makan Berat

Berikut beberapa makanan korea halal ya g merupakan makanan berat, diantaranya :

  1. Bimbimbap
    Bimbimbap ini dapat disebut dengan nasi campur korea. Bimbimbap berisikan aneka macam sayuran seperti tauge, bayam, tumisan jamur dan wortel yang dipadukan dengan berbagai macam bumbu. Tidak lupa ditambahkan dengan saus khas korea yaitu saus gochujang.

    Setelahnya perpaduan antara berbagai macam sayuran dan saus gochujang datambahkan telur setengah matang kemudian diaduk hingga merata. Biasanya bimbimbap ini disajikan bersamaan dengan kimchi sebagai makanan pendamping.

  2. Gimbap
    Gimbap ini sekilas mungkin mirip dengan sushi. Gimbab merupakan nasi yang digulung dengan nori yang dipadukan dengan berbagai sayuran dan daging kemudian. Sayuran yang diisikan daalm gimbap beraneka ragam disesuaikan dengan selera. Selain daging isian gimbap juga dapt diganti dengan telur atau ikan.
  3. Samgyetang
    Samgyetang seperti sup ayam ginseng. Biasanya samgyetang sangat popular saat cuaca dingin di korea sedang berlangsung. Perpaduan antara kaldu ayam yang kaya rasa dan ayam yang lembut dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin.

    Apalagi ditambah dengan ginseng korea sehingga makanan ini dapat memelihara stamina tubuh. Samgyetang dimakan bersamaan dengan nasi hangat kemudian ditambahkan dengan garam dan merica yang menjadikan masakan ini lebih kaya rasa.

  4. Kimchi
    Kimchi merupakan makanan pendamping dalam hampir setiap makanan korea. Khimchi juga disebut sebagai acar korea. Rasa dari kimchi itu sendiri adalah pedas sehingga cocok dengan masyarakat Indonesia yang menyukai masakan pedas. Kimchi dapat terbuat dari lobak, sawi putih, hingga daun bawang.

    Dalam pembuatan nya kimchi dapat difermentasi kurang lebih 3 hari hingga 1 minggu. Selain difermentasi kimchi juga daapt disantap secara langsung. Akhir – akhir ini kimchi sangat populer di berbagai negara tidak terkecuali Indonesia. Makanan ini banyak sekali manfaatnya terutama bagi pencernaan.

Kesimpulan

Berikut, makanan korea halal yang dapat kita konsumsi. Mulai dari makanan utama hingga makanan pendamping memiliki rasa yang unik dan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dikarenakan makanan diatas mengandung banyak sekali sayuran dan makanan berprotein seperti daging.

Leave a Reply

Your email address will not be published.