Makanan Penjaga Kesehatan Kulit yang Harus Kamu Tahu!

Makanan Penjaga Kesehatan Kulit dan Kandungannya

Sumber: sehatq.com
Makanan Penjaga Kesehatan Kulit
Sumber: sehatq.com

Makanan penjaga kesehatan kulit sangat diperlukan untuk menjaga kulit dengan berbagai perawatan yang bisa dilakukan secara rutin. Perawatan tersebut bisa dari dalam dan luar tubuh.

Perawatan yang bisa dilakukan dari luar tubuh misalnya seperti pemakaian skincare secara rutin, pemakaian pelembab atau moisturizer, penggunaan tabir surya atau sunscreen.

Perawatan-perawatan tersebut bertujuan untuk melembabkan kulit serta mengurangi penyerapan sinar uv pada kulit yang dapat menimbulkan flek hitam, kulit keriput, hingga yang paling parah kanker kulit.

Selain, perawatan kulit dari luar juga harus diimbangi dengan perawatan kulit dari dalam. Perawatan kulit dari dalam yang bisa dilakukan seperti mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk menjaga Kesehatan kulit dari dalam.

Jenis Makanan Penjaga Kesehatan Kulit

Berikut beberapa makanan yang dapat menjaga Kesehatan kulit dari dalam, diantaranya :

  • Buah-buahan

    1. Papaya
      Buah papaya banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi Kesehatan kulit. Papaya tinggi akan vitamin c yang berguna sebagai antioksidan. Dimana aktioksidan ini dalam kulit berfungsi sebagai pelindung sel kulit yang akan melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.Dengan kata lain antioksidan ini membantu dalam meregenerasi sel kulit mati atau yang telah rusak akibat paparan sinar UV matahari.
    2. Tomat
      Buah berwarna merah ini mengandung zat likopen yang cukup tinggi. Zat likopen ini seperti karotenoid yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV matahari. Dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin juga dapat mengurangi iritasi yang terjadi pada kulit.Sehingga dengan mengkonsumsi buah tomat menjadikan kulit lebih sehat dan terhindar dari ruam merah atau iritasi.
  • Sayuran

    1. Paprika merah
      Paprika merah ini selain dikonsumsi secara langsung juga dapat untuk menjadi bahan masakan. Walaupun sebagai bahan pelengkap suatu masakan paprika merah ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya paprika merah ini banyak mengandung vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.Sehingga membantu untuk mengganti sel kulit yang rusak karena terkena paparan sinar UV matahari. Selain, itu vitamin C dapat membuat kulit tetap kencang dan mencegah penuaan dini.
    2. Labu kuning
      Labu kuning sarat akan kandungan  beta karoten yang cukup tinggi. Zat beta karoten ini berguna sebagai antioksidan dalam tubuh. Dimana antioksidan ini membantu dalam pertahanan kulit terhadap radikal bebas yang ada di luar.Selain, itu beta karoten juga dapat berubah menjadi vitamin A yang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin A dalam tubuh berfungsi sebagai penguat imun tubuh, membantu memelihara Kesehatan mata, serta dapat meningkatkan kekuatan tulang.
    3. Edamame
      Edamame mengandung zat isoflavone berfungsi untuk mencegah penuaan dini pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas dari sinar matahari. Edamame juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi kulit kendur, kulit keriput, hingga flek hitam.
  • Daging

    1. Ikan salmon
      Ikan salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk kulit. Jenis asam lemak yang terkandung dalam ikan salmon seperti DHA dan EPA berfungsi untuk meregenerasi kulit yang terpapar radikal bebas akibat sinar UV matahari dan mengurangi resiko dari kanker kanker kulit non-melanoma.

Kesimpulan

Beberapa makanan diatas merupakan makanan yang kaya akan antioksidan yang bagus untuk menjaga Kesehatan kulit. Selain, itu tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan tersebut, tetapi banyak hal yang dapat dilakukan seperti, banyak minum air putih, rutin melakukan olahraga, serta istirahat yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.