Dunia, Hype  

Mauna Kea, Gunung Tertinggi Dunia Kalahkan Gunung Everest

Ulik Fakta Unik Mauna Kea, Gunung Tertinggi di Dunia

Mauna kea sebagai gunung tertinggi di dunia telah menggeser posisi Everest yang sebelumnya mendapat julukan gunung tertinggi di dunia. Selama ini Everest menyandang predikat sebagai gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 8.840 meter dari permukaan laut (mdpl).

Banyak pendaki yang memimpikan bisa berdiri di puncak gunung tersebut. Bagi para pendaki, berada di ujung Everest adalah sebuah kebahagiaan dan rasa bangga yang teramat luar biasa.

Mauna Kea
Sumber: hot.liputan6.com

Gunung Everest terletak di perbatasan Nepal dan Tibet di Asia Selatan yang tentunya memiliki pemandangan luar biasa indah. Tidak aneh jika banyak pendaki gunung yang bermimpi dapat berjelajah di gunung tersebut. Ketinggian Everest diukur mulai dari kaki Gunung tersebut yang berada di atas permukaan air laut.

Namun, berdasarkan penelitian dari United States Geological Survey (USGS), ternyata terdapat sebuah gunung yang lebih tinggi dari Gunung Everest. Gunung tersebut  adalah Gunung Mauna Kea dengan total ketinggian mencapai 10.210 meter.

Ketinggian 10.210 meter tersebut didapat melalui pengukuran yang dimulai dari kaki gunung yang ada di bawah air laut. Namun, jika diukur dari atas permukaan laut, tinggi gunung tersebut hanya mencapai 4.205 mdpl dan tinggi dari dasar laut hingga permukaan yakni sekitar 6.005 meter.

 Fakta Unik dari Mauna Kea

  1. Gunung Tertinggi, Pengukuran dari Kaki Gunung
    Apabila dihitung secara total dimulai dari kaki gunung, memang gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di bumi untuk saat ini. Seperti yang telah tercatat dalam jurnal sains, Live Science, Total Ketinggiandari gunung indah ini mencapai 10.210 meter. Sekitar 1.300 meter lebih tinggi dari gunung Everest.Kaki gunungnya pun berada di bawah permukaan laut, yaitu terletak pada kedalaman 6.000 meter. Berbeda halnya dengan Everest dimana kaki gunungnya terdapat di daratan yang sejajar dengan permukaan laut.
  1. Gunung Berapi Purba
    Dulu, Mauna Kea pernah mengalami erupsi dan mengeluarkan lahar hingga membentuk lapisan padat, seperti yang tertulis dalam laman USGS (United States Geological Survey). Tetapi, kini gunung khas Hawaii ini hanya memiliki pasokan magma yang sangat minim, bahkan diprediksi kemungkinan tidak akan mengalami erupsi besar dalam masa sekarang.Mauna Kea saat ini juga dibuka sebagai tempat pariwisata. Dulu, Orang Hawaii yang merupakan penduduk setempat, menamai gunung ini dengan sebutan Mauna a Wakea yang berarti ‘Gunung Putih’.

    Penduduk setempat memiliki kepercayaan bahwa gunung tersebut merupakan asal-muasal dari nenek moyang mereka berada.

  1. Terdapat observatorium yang canggih di puncak gunung
    Pada puncak Gunung Mauna Kea terdapat observatorium serta terdapat juga fasilitas penelitian astronomi. Observatorium pada puncak gunung Mauna Kea merupakan salah satu observatorium tercanggih di dunia.Jadi, tak heran jika Banyak para ilmuwan dan ahli astronomi yang melakukan penelitian di Observatorium Mauna Kea tersebut. Bahkan, fasilitas penelitian ini telah melakukan kerja sama dengan NASA dan angkatan udara Amerika Serikat untuk penelitian di bidang astronomi.

    Telah direncanakan bahwa Observatorium ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas Thirty Meter Telescope (TMT). Dimana, TMT merupakan salah satu teleskop inframerah tercanggih di dunia. Tak hanya itu, teleskop ini juga dilengkapi dengan lensa utama yang berdiameter 30 meter.

Itulah dia beberapa fakta unik dari Gunung Mauna Kea yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Gunung satu ini juga bisa menjadi opsi untuk kegiatan berwisata kamu di luar negeri. Tak hanya berpariwisata saja, kamu juga bisa sekaligus melakukan hobi mendaki kamu disana.

Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.