Media Komunikasi Unik Di Dunia. Ada yang sudah Mencoba?

Media Komunikasi yang Sudah Ada Sejak Dulu. Pernah Memakai?

Media Komunikasi

Media komunikasi saat sekarang tentunya sudah sangat canggih. Pada zaman dulu, media komunikasi yang canggih seperti telepon tentunya masih jarang untuk ditemui.  Masyarakat zaman dahulu memiliki cara yang berbeda dalam hal media komunikasi.

Media Komunikasi
Sumber: 99.co

Ada alat komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi secara individu. Ada juga alat komunikasi yang diperuntukkan bagi banyak orang.

Media Komunikasi Unik Sejak Dulu

  1. Surat
    Surat merupakan salah satu alat komunikas yang cukup terkenal pada zaman dulu. Alat komunikasi ini digunakan untuk mengirimkan kabar dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan si pengirim. Pada masa itu, berarti petugas pos memiliki peran yang sangat penting dalam pengiriman surat tersebut agar surat sampai tujuan.Namun, kelemahan dalam media komunikasi berbentuk surat, yaitu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk surat bisa sampai ke tujuan. Bahkan, bila tujuan teramat jauh, surat ini bisa tiba dalam hitungan minggu atau pun bulan.

    Kini surat telah digantikan dalam bentuk elektronik yaitu e-mail. Surat dalam bentuk elektronik ini mampu mengatasi masalah pengiriman surat yang pada zaman dulu membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan adanya e-mail, teman-teman maupun keluarga bisa berkirim surat lebih cepat dalam hitungan detik.

  1. Burung merpati
    Mungkin Sebagian dari kita pernah melihat beberapa film yang menggunakan hewan sebagai media komunikasi untuk mengantar pesan. Di dunia nyata pun, ada hewan yang memiliki kecerdasan dalam menghafal arah sehingga dapat menjadi media untuk mengirim pesan.Hewan tersebut adalah burung merpati yang sudah terlatih dengan baik. Cara mengirim pesan dengan burung merpati juga cukup mudah. Pertama, pastikan memiliki burung merpati yang sudah terlatih.Kemudian, simpan pesan dalam sebuah tempat kecil lalu ikatkan pada kaki burung merpati. Sebab, diikat di kaki burung, masyarakat zaman dulu hanya akan mengirimkan pesan singkat dalam secarik kertas. Burung merpati tidak akan sanggup membawa surat yang jumlahnya berlembar-lembar untuk dikirim.
  2. Kentungan
    Kentungan ialah alat komunikasi tertua yang terdapat di Indonesia. Alat ini akan dibunyikan dengan ritme tertentu untuk memberikan tanda pada masyarakat. Tanda tersebut bisa saja melambangkan untuk berkumpul, tanda bahaya, dan juga alarm suatu pengumuman.Umumnya kentunagan terbuat dari kayu jati atau batang bambu. Pada bagian dalam kentungan akan dikosongkan untuk memberikan ruang pada kentungan. Dengan adanya ruang kosong tersebut kentungan dapat mengeluarkan suara dengan cara dipukul.Kentungan ini memiliki beberapa jenis yaitu dengan ukuran dari 40 cm hingga 1,5 sampai 2 meter. Hingga kini di beberapa desa masih menggunakan alat ini untuk media berkomunikasi.
  1. Lonceng
    Lonceng merupakan alat komunikasi yang terbuat dari logam dan tentunya bisa menghasilkan suara yang nyaring. Suara ini timbul dari biji lonceng yang ada pada bagian dalam lonceng. Umumnya lonceng akan dibunyikan dengan cara menggerakan biji lonceng hingga berbenturan dengan badan lonceng hingga menghasilkan suara.Benda ini hampir mirip dengan kentungan, hanya saja suara yang dihasilkan lonceng lebih lantang. Sejak dulu lonceng sudah digunakan sebagai alat komunikasi. Lonceng berguna untuk mengumpulkan warga, memberi tanda peringatan, mengingatkan waktu ibadah, atau pun bel masuk sekolah.
  1. Telegraf
    Salah satu alat komunikassi zaman dulu adalah telegraf. Seiring dengan perkembangan teknologi dan adanya aliran listrik, alat komunikasi juga semakin berkembang. Telegraf adalah alat komunikasi yang penggunaannya dibantu dengan listrik.Walaupun sudah menggunakan listik, alat komunikasi ini masih tergolong dalam alat komunikasi tradisional karena digunakan pada tahun 1800 sampai 1900-an. Telegraf ini hanya mampu mengirimkan tulisan, seperti sebuah surat.Dengan telegraf akan muncul kode morse yang jika diterjemahkan akan berubah menjadi sebuah pesan. Saat menggunakannya pun memerlukan biaya pulsa listrik.

Nah, itu dia informasi mengenai alat komunikasi unik pada zaman dahulu, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.