MediaTek Dimensity 9300 : Saingan Snapdragon Generasi 3?

MediaTek Dimensity 9300
banner 120x600
banner 468x60

MediaTek Dimensity 9300 merupakan chipset terbaru yang sengaja diluncurkan oleh MediaTek. Apalagi pasar chipset saat ini tengah merangkak naik dan bersaing dengan keunggulan masing-masing. Snapdragon 680 Gen 3 adalah salah satu chipset yang sedang menjadi pesaing dari chipset satu ini. Chipset dari MediaTek ini dilengkapi dengan teknologi terkini TSMC 4NM+ generasi ketiga. Prosesor ini memiliki sekitar 22,7 miliar transistor dan memiliki arsitektur CPU yang disebut “All-Big-Core,” yang dirancang khusus untuk meningkatkan performa.

MediaTek mengklaim bahwa Dimensity 9300 ini menawarkan peningkatan signifikan dalam performa dan efisiensi daya jika dibandingkan dengan pendahulunya, Dimensity 9200. Bahkan dalam beberapa pengujian benchmark, performanya sedikit lebih baik daripada Snapdragon 8 Gen 3.

banner 325x300

Selain itu, MediaTek mengklaim bahwa performa GPU pada Dimensity 9300 mengalami peningkatan sebesar 46% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, sementara tetap mempertahankan tingkat konsumsi daya yang sama. Prosesor ini juga mencatat peningkatan efisiensi daya sebesar 40%, yang berarti ia dapat memberikan kinerja yang lebih baik tanpa mengorbankan daya tahan baterai.

Hasil pengujian benchmark gaming GFX Bench juga menunjukkan bahwa Dimensity 9300 memiliki frame rate yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing Qualcomm, menegaskan bahwa ini adalah prosesor yang kuat dan efisien untuk bermain game.

Processing Unit yang Diakselerasi Terbaru

MediaTek telah memasukkan teknologi APU 790 ke dalam Dimensity 9300 untuk mendukung kecerdasan buatan (AI) yang dapat menghasilkan konten seperti teks dan gambar. Mereka telah merancang unit pemrosesan Tensor A16W4 (INT4) baru. Juga teknologi kompresi memori untuk membantu dalam perhitungan model bahasa besar (Large Language Model) yang digunakan dalam AI generatif. APU 790 diklaim dapat menjalankan model bahasa besar dengan berbagai parameter. Mulai dari 7 miliar hingga 33 miliar, tergantung pada kapasitas RAM perangkat.

Selain itu, Dimensity 9300 mendukung model bahasa besar standar seperti Llama2 dari Meta dan ERNIE-3-4 dari Baidu, memungkinkan aplikasi AI yang lebih canggih. Di sisi fotografi, chip ini memungkinkan perangkat untuk mengaktifkan mode High Dynamic Range (HDR) dengan kualitas 4K 60 fps dan pelacakan bokeh secara real-time.

Imagiq 990 ISP di dalam chip membantu perangkat keras kamera mengenali dan melacak berbagai elemen seperti wajah, orang, pohon, rumput, gunung, langit, laut, dan lanskap. Kemudian menerapkan koreksi atau penyempurnaan sesuai kebutuhan pada setiap elemen tersebut. Ini membantu meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan oleh perangkat yang menggunakan Dimensity 9300.

Beda MediaTek Dimensity 9300 dengan Chipset Lain

Berbeda dengan versi sebelumnya, MediaTek mencanangkan bahwa chipset kali ini mampu bersaing dengan chipset versi tinggi lainnya. Perbedaan paling mencolok dari versi ini adalah sebagai berikut.

Inti CPU yang Kuat

MediaTek Dimensity 9300
Freepik.com/xb100

Mediatek Dimensity 9300 memiliki inti CPU yang sangat kuat dengan desain yang disebut sebagai “All Big Core.” Dalam bahasa manusia, ini berarti chip ini memiliki inti CPU yang fokus pada performa tinggi tanpa adanya inti CPU untuk efisiensi daya yang biasanya ada pada desain “big.LITTLE.”

Spesifikasinya adalah sebagai berikut:
– Terdapat 8 inti CPU dengan performa ekstrem. Di antara 8 inti ini, ada inti Cortex-X4 yang memiliki kecepatan hingga 3,25 GHz. Inti ini adalah yang paling kuat dan digunakan untuk tugas-tugas berat seperti gaming dan pemrosesan yang membutuhkan performa tinggi.
– Selain inti Cortex-X4, ada tiga inti CPU Cortex-X4 lainnya dengan kecepatan 2,85 GHz. Inti-inti ini juga memiliki performa tinggi tetapi dengan kecepatan yang sedikit lebih rendah dibandingkan inti utama.
– Inti-inti CPU ini bekerja sama untuk memberikan performa tinggi pada perangkat yang menggunakan chip ini.

Dengan inti CPU yang kuat ini, Dimensity 9300 cocok untuk tugas-tugas berat seperti gaming, pemrosesan AI, dan pengambilan video berkualitas tinggi. Performa CPU yang ekstrem membuatnya menjadi pesaing kuat di pasar chipset ponsel.

Efisiensi Daya yang Lebih Baik

Efisiensi daya yang lebih baik pada MediaTek Dimensity 9300 berarti bahwa chip ini dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan menggunakan lebih sedikit daya, yang pada gilirannya menghasilkan masa pakai baterai yang lebih lama pada perangkat yang menggunakannya. Hal ini merupakan hal penting dalam ponsel dan perangkat seluler, karena semakin efisien daya, semakin lama Anda dapat menggunakan perangkat sebelum perlu mengisi daya.

Konfigurasi 4+4 pada Dimensity 9300 memberikan efisiensi daya yang lebih baik hingga sekitar 50%. Ini berarti bahwa saat perangkat tidak memerlukan daya komputasi penuh, inti CPU yang lebih efisien dapat mengambil alih tugas-tugas yang membutuhkan daya lebih rendah, sementara inti CPU yang lebih kuat aktif saat dibutuhkan untuk performa tinggi.

Dengan begitu, perangkat yang menggunakan Dimensity 9300 dapat memberikan performa yang baik saat diperlukan, sambil tetap hemat daya saat digunakan untuk tugas-tugas yang lebih ringan. Ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan masa pakai baterai perangkat seluler.

Skor Benchmark yang Tinggi

Benchmark dengan skor yang tinggi pada MediaTek Dimensity 9300 menunjukkan bahwa chip ini memiliki kinerja yang sangat kuat dalam pengujian benchmark komputer, yang mencakup pengukuran performa dalam berbagai aspek seperti kecepatan pemrosesan, grafik, dan performa umum perangkat. Skor benchmark yang tinggi menunjukkan bahwa Dimensity 9300 mampu menangani tugas-tugas komputasi dengan sangat baik. Pada khususnya, MediaTek Dimensity 9300 telah mencetak rekor di AnTuTu benchmark, dengan skor lebih dari 2 juta poin, yang merupakan prestasi yang mengesankan. Ini menunjukkan bahwa chip ini sangat mumpuni dalam berbagai tugas, termasuk gaming, pemrosesan grafis, dan aplikasi berat lainnya.

Skor benchmark yang tinggi seperti ini penting karena dapat memberikan indikasi seberapa baik performa suatu perangkat, seperti ponsel cerdas, saat digunakan dalam situasi nyata. Semakin tinggi skor benchmark, semakin mumpuni perangkat dalam menjalankan aplikasi yang lebih kompleks dan tugas-tugas yang lebih berat. Dengan kata lain, MediaTek Dimensity 9300 memiliki kinerja yang sangat baik berdasarkan hasil skor benchmark, dan ini membuatnya menjadi salah satu chip yang sangat kompetitif di pasar perangkat seluler.

Keunggulan dalam AI

MediaTek Dimensity 9300
Freepik.com/rawpixel.com

Mediatek Dimensity 9300 memiliki beberapa keunggulan dalam bidang kecerdasan buatan (AI). Keunggulan tersebut termasuk:

  1. Teknologi AI Generatif: Dimensity 9300 menggunakan teknologi AI generatif, yang memungkinkan perangkat untuk menciptakan konten atau informasi baru secara otomatis. Ini dapat meningkatkan kemampuan perangkat untuk menghasilkan konten kreatif, seperti gambar atau teks.
  2. Kualitas Foto dan Video yang Lebih Baik: Chipset ini dilengkapi dengan fitur silikon AI yang dapat meningkatkan kualitas foto dan video. Dengan dukungan AI, perangkat yang menggunakan Dimensity 9300 dapat menghasilkan foto dan video yang lebih baik dalam berbagai kondisi pencahayaan.
  3. Kemampuan Pemrosesan AI yang Cepat: MediaTek Dimensity 9300 memiliki kemampuan pemrosesan AI yang sangat cepat. Ini memungkinkan perangkat untuk menjalankan aplikasi dan tugas AI dengan lebih efisien dan responsif.
  4. Efisiensi Energi: Meskipun memiliki kemampuan AI yang kuat, Dimensity 9300 juga dikenal karena efisiensi energinya. Hal ini penting untuk memastikan perangkat tetap tahan lama baterainya saat menggunakan AI intensif.

Dengan keunggulan-keunggulan ini, MediaTek Dimensity 9300 menjadi pilihan yang menarik untuk perangkat seluler yang mengandalkan AI. Termasuk dalam pengambilan foto dan video yang lebih baik serta pengalaman pengguna yang lebih cerdas.

Peningkatan Kualitas Gambar

Mediatek Dimensity 9300 memiliki peningkatan kualitas gambar yang signifikan. Berikut adalah penjelasan rinci dalam bahasa manusia:

  1. Teknologi AI untuk Pemrosesan Gambar: Dimensity 9300 dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang digunakan untuk pemrosesan gambar. Ini berarti perangkat dengan chipset ini dapat secara cerdas memproses gambar yang diambil oleh kamera. AI digunakan untuk mengoptimalkan kontras, warna, dan detail gambar, sehingga hasil foto dan video lebih tajam dan memukau.
  2. Gambar HDR yang Selalu Aktif: Chipset ini mendukung gambar HDR (High Dynamic Range) yang selalu aktif. Ini berarti perangkat dapat secara otomatis mengenali kondisi pencahayaan yang berbeda dan menyesuaikan pengaturan kamera secara real-time. Hasilnya adalah gambar yang lebih baik dalam situasi pencahayaan yang sulit.
  3. Kinerja yang Tinggi: MediaTek mengklaim bahwa Dimensity 9300 memiliki kinerja yang sangat tinggi. Sehingga perangkat dapat mengambil gambar dengan cepat dan tanpa lag. Ini penting untuk menangkap momen yang berharga dengan presisi.
  4. Optimisasi Pengambilan Gambar: Dengan perangkat keras yang kuat dan dukungan AI, perangkat yang menggunakan Dimensity 9300 dapat mengoptimalkan pengambilan gambar untuk berbagai skenario, termasuk fotografi malam, pemotretan potret, dan banyak lagi.

Dengan kombinasi teknologi AI, kemampuan pemrosesan yang cepat, dan peningkatan kinerja. MediaTek Dimensity 9300 membawa peningkatan yang signifikan dalam kualitas gambar yang dihasilkan oleh perangkat seluler yang menggunakannya. Hal ini akan memberikan pengguna pengalaman fotografi yang lebih memuaskan. Informasi teknologi terkini hanya di Detik IDN.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *