Mengobati Perut Kembung dengan Bawang Putih? Cek Selengkapnya!

Cara Mengobati Perut Kembung, Simak Selengkapnya!

Mengobati Perut Kembung
Sumber: popmama.com

Mengobati perut kembung, memang terkadang banyak dianggap oleh orang-orang bukan menjadi hal yang sulit. Padahal, jika ada salah dalam pengobatannya bisa berakibat fatal. Untuk kassus perut kembung yang tidak terlalu parah, kamu bisa mengoleskan minyak angina tau meminum teh hangat.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa bawang putih juga bisa mengatasi perut kembung dan dinilai jauh lebih efektif dibanding mengoleskan minyak kayu putih. Benarkah demikian? Lalu apakah secara medis hal ini aman dilakukan?

Bisakah Mengobati Perut Kembung Dengan Bawang Putih?

Berdasarkan pemaparan dari dr. Arina Heidyana, hingga saat ini belulm ada penelitian yang pasti menyebutkan bahwa bawang putih bisa mengobati atau menghilangkan perut kembung. Menurut pernyataan beliau, bawang putih justru akan memperparah perut kembung, karena memiliki kandungan fruktosa yang dapat menimbulkan adanya gas.

Tak hanya ada pada bawang putih, fruktosa juga hadir di daun bawang dan bawang merah, meskipun dikonsumsi dalam jumlah kecil, ketiga bahan ini mampu membuat perut kamu kembung dalam waktu yang cepat.

Efek Samping Penggunaan Bawang Putih untuk Pencernaan

Banyak yang mengatakan untuk mengobati perut kembung bisa dengan mengkonsumsi bawang putih mentah-mentah atau merebusnya lalu meminum air rebusan tersebut. Nyatanya, hal tersebut malah menyebabkan penyakit-penyakit pencernaan lainnya. Terutama jika kamu memiliki penyakit GERD.

Berdasarkan penelitian dari Jurnal Foods, senyawa yang ada dalam bawang putih mampu membuat saluran pencernaan mengalami iritasi. Dan bisa berakibat munculnya rasa terbakar pada sekitar dada ataupun perut. Apalagi jika kondisi pencernaanmu tengah sensitive dan sedang melakukan pengobatan, hal ini sangat tidak disarankan.

Bawang putih ini juga mampu meningkatkan risiko pendarahan lho. Karena bawang putih ini bisa mencegah pembekuan darah, untuk kamu yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah ada baiknya menghindari bahan alami ini dalam jumlah sedang ataupun sedikit.

Cara Mengobati Perut Kembung yang Benar

Perdasarkan pemaparan Dokter Ariana, ada beberapa cara yang efektif untuk mengobati perut kembung, diantaranya adalah:

  • Lakukan pijatan-pijatan halus pada area perut
  • Usahakan untuk aktif bergerak dan berolahraga, agar gas yang ada dalam perut kamu bisa bergerak lebih cepat melalui usus
  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gas, seperti bawang putih, bawang Bombay, dan juga kol
  • Minumlah teh atau suplemen peppermint untuk kurangi rasa tidak nyaman karena perut kembung.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Journal of Clinical Gastroenterology, suplemen yang memiliki kandungan peppermint bisa membantu meringankan perut kembung yang tentu berkaitan dengan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Tak hanya itu, ada juga beberapa makanan yang dipercaya mampu mengurangi gas dalam tubuh, seperti:

  • Telur
  • Ikan
  • Daging dan protein tak berlemak
  • Tomat, anggur dan melon
  • Selada dan zucchini
  • Teh kamomil
  • Cuka sari apel

Dokter Ariana pun berpesan jika kamu ingin benar-benar terhindari dari perut kembung, kuncinya terletak pada bagaimana kamu dalam mengunyah makanan. Usahakan agar mengunyah makanan hingga benar-benar halus.

Kesimpulan

Demikianlah informasi menarik yang bisa menjadi referensi kamu dalam mencari informasi yang benar. Jika kamu mengalami perut kembung, kamu bisa menggunakan cara diatas agar perut kamu bisa langsung teratasi dengan baik.

Jadi jangan lagi gunakan bawang putih ya dalam mengobati perut kembung. Jangan lagi percaya pada katanya mengenai penyembuhan suatu penyakit karena bisa jadi hal tersbeut justru akan memperparah penyakit kamu.

Ada baiknya kamu lakukan konsultasi kepada dokter terdekat agar sakit yang kamu alami mampu teratasi dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.