Negara Burundi, Salah Satu Negara Termiskin di Dunia

Negara Burundi, Negara Termiskin di Dunia. Semiskin Apa Itu?

Negara Burundi, mungkin terdengar asing bagi kita. Tetapi, negara ini masuk menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Negara ini terletak di benua Afrika bagian Tengah dan memiliki perbatasan dengan negara Rwanda di sebelah Utara, Tanzania di Selatan dan Timur, serta Republik Demokratik Kongo di Barat.

Negara Burundi
Sumber: kabarwonosobo.pikiran-rakyat.com

Taraf hidup di Burundi tergolong sangat rendah sehingga menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Tidak hanya itu, tingkat kejahatan dan pemberontakan di negara satu ini pun cukup tinggi.

Fakta Menarik Negara Burundi

  1. Negara termiskin di dunia
    Dilansir dari World Population Review, negara ini masuk dalam list negara termiskin di dunia. Berdasarkan Global Finance Magazine, sebanyak 82,1 persen masyarakat di negara Burundi memenuhi kebutuhan hidupnya hanya dengan uang sebesar US$ 1,25 atau jika dalam rupiah setara dengan Rp17.500 per hari.

    Tingkat GNP dari negara ini berkisar pada US$ 270 per kapita. Populasi Burundi pun tumbuh pada tingkat cepat 3,12%, di mana perubahan populasi tahunan ini terjadi dari tahun 2019 ke tahun 2020 mencapai lebih dari 360.000 orang.

    Pada saat masa pandemi Covid-19 ekonomi di Negara termiskin ini semakin terpuruk. Taraf hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya sangat rendah sehingga terjadi kelangkaan makanan, menurunnya pertumbuhan ekonomi, serta inflasi ekonomi yang cukup tinggi.

  1. Tingkat kebahagiaan masyarakat yang rendah
    Fakta unik negara Burundi selanjutnya adalah tingkat kebahagiaan masyarakat yang terbilang rendah. Hal ini terungkap berdasarkan World Happiness Report (WHR) yang mencatat, pada tahun 2020 Burundi menduduki tingkat ke-140  dari 153 negara yang menjadi objek penelitiannya.

    Lembaga ini melakukan penilaian berdasarkan beberapa aspek, yang meliputi produk domestik bruto (PDB), kebebasan memilih mengenai pilihan hidup, indeks persepsi korupsi, bantuan sosial, samapi tingkat kesehatan.

  1. Masyarakat tidak diperbolehkan untuk lari santai
    Aturan unik dari negara Burundi yang satu ini sangat jarang diterapkan oleh negara lain. Alasan dari pemerintah memberlakukan larangan tersebut dikarenakan khawatir jika masyarakatnya melakukan upaya kudeta terhadap pemerintah.

    Sehingga, diterapkanlah larangan tersebut sebagai bentuk pencegahan kudeta yang mungkin saja dilakukan oleh masyarakat di negara tersebut.

  1. Kekayaan masyarakat dapat diukur dari kepemilikan sapi
    Fakta menarik lainnya adalah ukuran kekayaan seseorang di negara tersebut dapat dilihat dari kepemilikan sapi. Hal ini terjadi karena masyarakat Burundi lebih memilih untuk memiliki sapi daripada uang.

    Karena di negara tersebut sapi dianggap sebagai barang yang mewah. Hal ini berbeda sekali dengan negara India yang menjadikan sapi sebagai hewan yang suci. Meskipun begitu, tidak semua warga memiliki sapi karena harga hewan ini yang terhitung sangat mahal.

  1. Disebut sebagai nerakanya dunia
    Burundi mendapatkan predikat sebagai neraka dunia. Tentunya, hal ini terjadi karena sering kali  kekerasan dilakukan antar warga di negara tersebut. Hal ini menjadi fakta yang menarik sekaligus fakta yang kelam karena kerap kali adanya perang saudara yang memakan korban jiwa.

    Sejak tahun 1972 hingga 2018 telah tercatat sudah ada jutaan korban jiwa yang tidak bersalah dan menjadi korban. Sampai sekarang pun, perang saudara masih sering terjadi namun untuk sekarang dengan skala yang relatif kecil.

  1. Kebanyakan penduduk Bertani
    Sebanyak kurang lebih 80 persen dari jumlah penduduk di negara Burundi berprofesi dalam sector pertanian.

    Sektor pertanian menyumbang serta berkontribusi sebesar 40 persen untuk PDB di negara tersebut. Namun, para penduduk negara Burundi melakukan pertanian menggunakan cara dan peralatan yang tradisional.

Berikut adalah fakta menarik dari Negara Burundi yang menjadi negara termiskin di dunia. Meskiun demikian, diharapkan semoga kekacauan yang terjadi di negara Burundi segera teratasi dan masyarakatnya mendapat kesejahteraan hidup yang seharusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.