Penyakit Seksual Aversion Disorder dan Cara Penanganannya

Jenis Penyakit Seksual Aversion Disorder dan Penanganannya

Sumber: aido.id
Penyakit Seksual Aversion Disorder
Sumber: aido.id

Definisi Penyakit Seksual Aversion Disorder

Penyakit seksual memang banyak jenis dan ragamnya. Salah satu penyakit seksual yang mungkin kurang familiar adalah Sexual Aversion Disorder. Penyakit ini merupakan  penyakit seksual, dimana penderitanya memiliki kelainan seperti hilangnya gairah untuk bercinta.

Bahkan penderita penyakit sexual Aversion Disorder ini akan merasa ketakutan hingga dilanda kepanikan. Seseorang yang terjangkit penyakit seksual ini, akan merasa jijik jika dalam suatu hubungan sudah memasuki hubungan seksual atau hubungan badan.

Kelainan ini seringkali dialami oleh kaum wanita yang memiliki kecenderungan sulit untuk melakukan aktivitias fisik. Penyebab dari penyakit ini sangatlah beragam, tapi pada umumnya seorang wanita atau seseorang dengan penyakit sexual Aversion Disorder biasanya memiliki trauma akan aktivitas seksual.

Hal ini dikarenakan mungkin saja penderita pernah menjadi korban kekerasan seksual hingga menyimpan trauma mendalam. Sehingga walaupun keinginan untuk berhubungan badan itu ada, tetapi langsung ditepis oleh penderita kelainan ini.

Namun, ada hal lain yang menyebabkan seseorang mengidap penyakit seksual Aversion Disorder seperti berkurangnya hormone testosterone dalam tubuh. Kemudian penyakit ini dapat terjadi pada seseorang atau  wanita yang tidak memiliki hubungan yang baik dengan pasangan nya.

Jika seseorang tidak memiliki hubungan yang baik dengan pasangan nya, kemungkinan hal tersebut menjadikan si penderita selingkuh. Bahkan hingga melakukan hubungan badan. Setelah hal tersebut terjadi, kadang pelaku akan merasa jijik dan ganjil. Sehingga, rasa trauma akan muncul jika si pelaku melakukan hubungan badan dengan pasangan atau lawan jenis.

Penyakit seksual Aversion Disorder ini dapat ditandai dengan ketidakmauan terhadap hubungan intim atau hubungan sexual. Ketidakmauan seseorang dalam hal melakukan hubungan intim ini sudah dalam tahap yang parah.

Biasanya akan disertai rasa cemas, takut, dan rasa jijik yang berlebihan ketika melakukan hubungan intim atau hubungan badan. Kemudian jika tanda – tanda atau gejala yang sudah ada tidak segera ditangani maka penderita akan berperilaku seperti menghindar di segala aspek kehidupannya.

Jenis Penyakit Seksual Aversion Disorder

Dalam penyakit seksual aversion disorder dapat dibedakan jenisnya menjadi 2, yaitu :

  1. Lifelong
    Kelainan ini dimaksudkan pada penderita memang sama sekali tidak ingin melakukan hubungan badan atau intim pada siapapun. Bahkan tanpa memandang siapa yg akan melakukan hubungan badan atau hubungan intim dengan penderita.
  2. Acquired
    Kelainan ini terjadi Ketika pasangan tidak mau untuk berhubungan intima tau badan. Dalam bentuk apapun penderita akan menolak berbagai respon dari hubungan intim yang ingin dilakukan oleh pasangan nya.

Cara Penanganan Penyakit Seksual Aversion Disorder

Penanganan yang dapat dilakukan pada penyakit sexual aversion disorder dapat mengguanakan metode pengurangan kecemasan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Desensitisasi sistematis
    Metode ini penggunaan nya dengan cara terapis akan mendata atau mencatat aktivitas sexual yang menimbulkan tingkat kecemasan secara berlebihan. Kemudian jika terkena rangsangan pasien akan memiliki kecemasan akut.

    Lalu terapis akan mengobati gangguan kecemasan yang terjadi. Pengobatan inilah yang nantinya akan diterapkan pada pasangan saat melakukan hubungan sex dan penderita mengalami gangguan kecemasan.

  2. Perawatan integrative
    Pengobatan ini menggabungkan antara pengobatan melalui dokter, terapis sex, bahkan dengan terapis fisik. Hampir sama dengan pengobatan sebelumnya perawatan secara integrative ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan yang dialami oleh penderita.
  3. Perawatan medis
    Perawatan medis ini dimaksudkan bahwa penderita penyakit sexual aversion disorder ini mendapat resep dokter untuk penanganan nya. Resep obat yang digunakan hampir sama dengan resep untuk mengatasi gangguan kecemasan
  4. Perawatan psikologis
    Perawatan secara psikologis ini biasa dilakukan oleh terapis sex yang sudah ahli. Diakreankan pada perawatan psilkolog ini akan lebih banyak untuk melibatkan terapis seks untuk mengurangi rasa cemas saat berhubungan intim.

    Hal – hal diatas merupakan secuil informasi mengenai penyakit Sexual Aversion Disorder. Jika pasangan terlihat memiliki penyakit ini untuk segera dengan konsultasi dengan dokter. Semoga para readers tetap menjaga Kesehatan tubuh seta mantel

Leave a Reply

Your email address will not be published.