Pohon Gaharu Sejuta Manfaat, Baik untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Pohon Gaharu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Pohon gaharu yang memiliki nama ilmiah Aquilaria malaccensis telah lama dikenal sebagai obat herbal sejak zaman dahulu. Manfaat dari pohon gaharu itu sendiri sangat baik untuk diabetes, asam urat, hingga stroke.

Pohon Gaharu
Sumber: lifestyle.bisnis.com

Tidak hanya pohonnya saja tetapi, daunnya juga memiliki segudang manfaat. Bahkan, tanaman ini  dapat diproses menjadi produk parfum.

Baunya dengan aroma khas membuat kayu gaharu ini dapat dijadikan bahan baku dalam pembuatan kosmetik, dupa, pengawet, serta berbagai macam aksesoris hingga industri parfum.

Teknologi yang semakin berkembang membuat beberapa negara seperti Korea, Singapura, Cina, Jepang dan Amerika Serikat sedang mengembangkan kayu ini sebagai obat gangguan ginjal, asma, sakit perut, penghilang stres, antibiotik TBC bahkan hepatitis.

Maka, dari itu tidak heran, jika tanaman satu ini memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan, kayu gaharu disebut-sebut sebagai kayu termahal karena mengandung resin yang beraroma wangi.

Manfaat Pohon Gaharu dalam Kesehatan

  1. Dapat dibuat produk teh herbal
    Sama halnya seperti daun teh, pucuk daun gaharu yang memiliki warna hijau juga dapat dijadikan produk olahan teh herbal. Cara mengolahnya dapat dengan cara menjemur daun gaharu selama kurang lebih 3 hari tanpa terkena sinar matahari langsung.

    Dari 1 kg daun gaharu basah, dapat menghasilkan teh herbal seberat 240 gram. Khasiat dari teh gaharu dijamin dapat meredakan stress yang melanda. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa aroma teh gaharu memiliki aroma dapat menenangkan tubuh.

  1. Meredakan kejang pada otot
    Dalam dunia pengobatan herbal, pohon ini dapat digunakan sebagai ramuan yang dapat meredakan kejang pada otot.

    Bahkan, penderita dengan keluhan pada sistem pernapasan, pencernaan, serta demam, dapat merasakan bahwa keluhan – keluhan tersebut membaik setelah mengkonsumsi teh gaharu.

  2. Menjadi bahan baku parfum
    Seperti yang sudah diketahui bahwa pohon gaharu mengandung resin. Resin dari pohon gaharu tersebut dapat diproses menjadi parfum yang beraroma wangi.

    Tedapat banyak parfum mewah yang berbahan baku olahan dari resin yang dihasilkan oleh pohon gaharu.

  3. Menenangkan pikiran
    Ekstrak gaharu dapat menyembuhkan dari trauma emosional. Tak hanya itu, olahan ini juga dianggap dapat meningkatkan energi dan harmonisasi frekuensi otak.Jadi, tak heran lagi jika banyak aromaterapi yang menggunakan ekstrak dari pohon gaharu.
  1. Membuat kulit menjadi sehat
    Manfaat lainnya dari pohon gaharu yaitu dapat meredakan kondisi kulit yang sedang mengalami iritasi atau bengkak. Selain itu, ada juga yang mengklaim bahwa gaharu dapat menghilangkan noda di kulit.
  1. Mengobati penyakit sendi
    Pohon gaharu memiliki banyak khasiat diantaranya analgesik, anti-arthritis, dan anti peradangan. Ketiga dari khasiat ini dapat meredakan rasa nyeri serta mengurangi peradangan yang berkaitan dengan arthritis atau sendi.
  1. Mencegah penyakit tumor
    Olahan dari pohon gaharu ini juga dipercaya mampu mencegah penyakit tumor yang tergolong ke dalam jenis penyakit yang kronis.Hal tersebut disebabkan karena kayu gaharu memiliki kandungan flavonoid yang berguna dalam melindungi kualitas dan juga kesehatan sel tubuh.
  1. Menurunkan Tekanan Darah
    Tidak hanya dapat dijadikan olahan minyak atsiri tetapi, dari olahan kepingan batang gaharu dipercaya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah dapat menurunkan tekanan darah.

    Tanaman ini akan bekerja dengan cara menghilangkan sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup dengan menyeduh kepingan dari kayu gaharu.Kemudian bisa meminum air seduhannya tersebut dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa dipetik dari pohon gaharu. Jadi, tak hanya memiliki nilai ekonomi serta nilai jual yang tinggi saja tetapi, kayu gaharu ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan mengenai manfaat dari pohon gaharu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.