Tarian Tradisional India yang Mendunia, Gemulai Dan Indah

Ragam Tarian Tradisional India yang Gemulai dan Mendunia

Tari Tradisional India merupakan salah satu jenis budaya yang cukup dikenal dari negara India. Budaya ini banyak dikenal secara global, berkat beberapa series yang dikeluarkan di India yang kerap kali memberikan unsur budaya dan salah satunya adalah tarian.

Tarian Tradisional India
Sumber: gotravelly.com

Terdapat banyak seni tari khas India yang akan memanjakan penontonnya. Saat datang ke negara India, kita dapat menikmati salah satu tarian khas yang ada di india.

Tarian Tradisional India yang Gemulai

  1. Kuchipudi
    Di India, ada salah satu tarian dimana para anggotanya sekaligus menyanyi yang dikenal dengan sebutan Kuchipudi. Tarian ini berasal dari India Tenggara tepatnya di Andhra Pradesh.Tarian yang satu ini banyak dilakukan di kawasan kuil saat dilakukannya acara persembahan. Kekompakan dari setiap anggota yang bernyanyi sekaligus menari menciptakan kekaguman bagi siapa saja yang melihatnya .Tarian ini biasanya dilakukan oleh banyak laki-laki dan sedikit perempuan sebagai anggotanya. Namun, pada saat ini tidak jarang juga Kuchipudi dimainkan oleh banyak perempuan. Saat persembahan dan tarian ini berlangsung, terdapat serangkaian kegiatan lain seperti pembakaran dupa, penaburan air suci, hingga berdoa.
  1. Kathak
    Berbicara mengenai tarian tradisional India, Tari Kathak menjadi salah satu tarian khas yang bisa disaksikan di negara india. Tarian yang satu ini telah sejak lama ada yaitu sejak masa dinasti Mughal abad ke-17.Anggota yang menjadi penari dalam tarian ini merupakan sekelompok pria dan juga wanita. Tari khatak juga memiliki ciri khas yang sudah melekat. Tarian yang satu ini fokus pada gerakan kaki. Gerakan kaki yang rumit serta cepat menjadi daya tarik pengunjung yang menyaksikan Tari Kathak.Tak hanya itu, tarian yang satu ini juga memiliki pakaian khusus dan lonceng yang digunakan pada pergelangan kaki. Banyak yang mengatakan bahwa Tari Katak melambangkan makna cinta.
  1. Bharatanatyam
    Tidak hanya Tari Kathak, India juga memiliki tarian khas yang memiliki sebutan Bharatanatyam. Dahulu kala, tarian ini hanya dimainkan oleh 1 orang wanita dan hanya boleh dimainkan di kawasan kuil saja.Namun, awal abad ke-20, Tarian Bharatanatyam dapat dipertontonkan secara umum di depan khalayak banyak. Tarian bhartanatyam memiliki gerakan yang sangat memukau bagi penonton.Setiap gerakan yang digerakkan baik kaki maupun tangan yang meliuk-liuk memiliki makna atau cerita. Saat menyaksikan tarian tersebut, wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya setiap gerakan dari tarian Bharatanatyam.
  1. Khatakali
    Di Kawasan India bagian barat daya memiliki tarian khas yakni Kathakali. Tarian khatakali dikenal identik dengan agama atau pun kuil. Kathakali ditarikan oleh sekelompok anak laki-laki dan laki-laki dewasa.Meskipun juga terdapat peran perempuan dalam tarian ini, tetapi tetap ditarikan oleh laki-laki. Dalam tarian kathakali para penari memiliki kostum yang sangat unik dan menarik. Kerumitan dari kostum hingga tata rias wajah menjadikan tarian ini  semakin indah saat ditonton.
  1. Manipuri
    Tarian tradisional India lainnya yang cukup dikenal adalah tarian Manipuri. Daerah asal tarian ini adalah Manipur, yaitu India bagian timur laut. Gerakan dari tarian ini sangat lembut dan anggun. Sehingga, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang menyaksikan tarian Manipuri ini.Pada awalnya, Tari Manipuri dikenal dengan jogai yang berarti Gerakan yang melingkar. Tarian ini dilakukan oleh pria dan wanita. Wanita yang melakukan tarian Manipuri harus lembut dan luwes dalam memperagakan setiap Gerakan tariannya.Sedangkan bagi penari pria harus kuat dalam melakukan berbagai Gerakan tari. Saat menyaksikan tarian yang satu ini, pengunjung akan akan melihat betapa indahnya gerakan para penari.

Sekilas, itulah tarian tradisional dari negara india yang bisa menjadi rekomendasi untuk kalian tonton. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.