Tempat Wisata Burundi, Indah Dibalik Keterpurukan Negaranya

Menakjubkan, Tempat Wisata Burundi Ini Benar-benar Ada

Tempat wisata Burundi terbilang tidak kalah indah dengan tempat wisata di negara lain. Meskipun, negara Burundi merupakan salah satu negara terkecil di daratan Afrika, tetapi memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan.

Negara Burundi terbagi menjadi 16 provinsi yang luasnya hanya lebih dari 28.000 kilometer persegi. Daratan ini memiliki kemiripan dengan Maryland, salah satu negara bagian terkecil di Amerika Serikat.

Tempat Wisata Burundi
Sumber: irwan-noer.blogspot.com

Kuda nil dan burung merupakan satwa alam utama di Burundi dengan habitat mereka yang bervariasi dari semak dan hutan, hingga danau besar. Minimnya daerah pantai di Burundi tidak berarti mengurangi jumlah pantai di negara ini.

Namun, Burundi masih memiliki beberapa pantai pedalaman yang besar. Dimana hawa panas dapat dikurangi dengan berenang di salah satu danau di negara tersebut.

Budaya di negara Burundi juga terbilang beragam untuk negara sekecil itu dan tentunya ada pengaruh dari pemukim kolonial serta budaya Aborigin. Gabungan dari beberapa kebudayaan itulah yang patut dipelajari untuk memahami negara yang kecil namun penuh dengan pesona ini.

Sayangnya, negara ini sedang mengalami masa sulit secara politis dan kejadian yang melibatkan kudeta militer. Yang berarti bahwa pada saat artikel ini ditulis, perjalanan menuju ke negara itu tidak disarankan.

Daftar Tempat Wisata Burundi 

  1. Taman Nasional Sungai Rusizi
    Taman ini terletak tepat di luar Bujumbura merupakan Taman Nasional Sungai Rusizi yang menarik dan mempesona. Dataran di sekitar sungai mengalami banjir secara berkala. Peristiwa inilah yang membawa ratusan hewan ke daerah itu untuk memiliki sumber hidup yang vital. Kuda nil merupakan salah satu dari banyak hewan yang sering mengunjungi daerah tersebut.

    Dan tentunya merupakan salah satu daya Tarik wisatawan. Taman, dengan diiringi oleh langit yang cerah, merupakan surga bagi para pengamat burung. Burung yang bermigrasi dan mengunjungi taman ini termasuk spesies langka Asia dan Eropa seperti pipers dan plovers.

  1. Taman Nasional Ruvubu
    Taman Nasional Ruvubu adalah taman nasional yang terbesar di Burundi dan mencakup area seluas lebih dari 500 kilometer persegi. Taman yang berdiri pada tahun 1980, adalah tempat tinggal bagi para satwa liar paling megah dan mengesankan di negara tersebut.Satwa liat tersebut meliputi binatang seperti kuda nil, kerbau, dan buaya. Taman nasional ini juga dikenal dengan beragam tanaman dan bunga langka serta kehidupan burung yang sedang bermigrasi ke wilayah ini pada kurun waktu sepanjang tahun. Taman ini dilengkapi fasilitas untuk berkemah dengan baik dan mudah diakses melalui jalur darat.
  1. Cagar Alam Danau Rwihinda
    Habitat lain untuk beragam flora dan fauna yang menakjubkan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan di Burundi adalah cagar alam danau rwihinda. Cagar ala mini mencakup area lebih dari 8.000 hektar yang terdiri dari campuran semak, hutan, serta padang rumput. Danau adalah tempat lain yang menjadi pujaan bagi para pengamat burung.Jumlah burung langka nan menakjubkan yang mendatangi danau ini terlalu banyak ragamnya. Pertanian serta penurunan ketinggian air berdampak pada cadangan meskipun sudah ada upaya pelestarian. Untuk saat ini walaupun begitu cagar alam ini tetap menjadi tujuan yang wajib dikunjungi bagi para pelancong di Burundi.
  1. Gunung Heha
    Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Burundi. Gunung ini cukup terkenal untuk trekking dan dengan ketinggian mencapai 2.864 meter. Tentunya, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki yang ingin mencapai puncak.Gunung ini berada cukup dekat dengan Bujumbura dan tempat ini adalah lokasi yang paling nyaman untuk digunakan sebagai pos sebelum berangkat mendaki gunung.

Nah, itu dia wisata yang mungkin cocok untuk anda kunjungi saat melancong ke negara Burundi. Pastinya, untuk saat ini disarankan untuk menunda mengunjungi negara tersebut dikarenakan masalah politik yang sedang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.