Tren Teknologi Strategis Teratas di Tahun 2024

Tren Teknologi Strategis
banner 120x600
banner 468x60

Tren teknologi strategis menjadi salah satu faktor yang dilihat dalam mengambil keputusan bisnis dan teknologi dalam tiga tahun mendatang. Tren teknologi ini juga bisa digunakanĀ  untuk mengevaluasi dampak dan manfaat dari masing-masing tren teknologi. Sekaligus juga untuk menentukan inovasi atau kombinasi strategis mana yang akan memiliki dampak paling signifikan terhadap kesuksesan organisasi Anda.

Tren-tren ini terkait dengan fokus utama dalam dunia bisnis, yaitu menjaga nilai investasi yang sudah ada dan yang akan datang. Menemukan solusi yang sesuai untuk orang-orang yang memiliki kepentingan dalam bisnis pada saat yang tepat. Serta memberikan manfaat kepada baik pelanggan internal maupun eksternal di tengah perubahan yang terus-menerus terjadi.

banner 325x300

Apa Saja Tren Teknologi Strategis?

Beberapa tren teknologi strategis yang munculĀ  di tahun 2024 mendatang adalah sebagai berikut.

AI Trust, Risk and Security Management (AI TRiSM)

AI Trust, Risk, and Security Management (AI TRiSM) adalah suatu kerangka kerja yang digunakan untuk mengelola kepercayaan, risiko, dan keamanan dalam konteks penggunaan kecerdasan buatan (AI). Dengan AI TRiSM, organisasi dapat mengintegrasikan prinsip-prinsip governance ke dalam implementasi model-model AI, memastikan bahwa model-model tersebut dapat dipercaya, bebas dari bias, dan dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan. Selain itu, AI TRiSM juga berfokus pada aspek keadilan, dengan tujuan untuk menghindari hasil-hasil yang tidak adil atau diskriminatif dalam penggunaan AI.

Keandalan model AI dan keamanan juga menjadi perhatian utama dalam kerangka kerja ini. Dengan demikian, AI TRiSM membantu organisasi merancang, mengimplementasikan, dan mengelola solusi AI dengan lebih baik, sehingga dapat memitigasi risiko, membangun kepercayaan, dan menjaga keamanan dalam penggunaan teknologi AI. Hal ini sangat relevan mengingat peran yang semakin penting dari AI dalam berbagai bidang, dan tantangan etika dan keamanan yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi ini.

Continuous Threat Exposure Management (CTEM)

Tren Teknologi Strategis
Freepik.com/rawpixel.com

Continuous Threat Exposure Management (CTEM) adalah suatu pendekatan strategis dalam pengelolaan ancaman yang memungkinkan organisasi untuk secara terus-menerus mengidentifikasi, mengkatalogkan, dan memantau sumber daya yang rentan terhadap ancaman keamanan. Dalam fase Discovery, CTEM mencakup pemetaan infrastruktur, jaringan, aplikasi, dan data sensitif untuk menemukan konfigurasi yang salah atau kerentanan.

Pendekatan ini memungkinkan tim keamanan organisasi untuk memprioritaskan risiko yang lebih signifikan, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan memberikan respons yang lebih cepat terhadap ancaman yang paling merusak. Dengan demikian, CTEM membantu organisasi menjaga keamanan dan ketahanan mereka dalam menghadapi ancaman keamanan yang terus berubah. Sambil menggunakan sumber daya dengan lebih efisien. Pendekatan ini adalah bagian penting dari upaya untuk menjaga integritas dan keberlanjutan operasi organisasi dalam dunia yang semakin terhubung dan rentan terhadap ancaman siber.

Sustainable Technology

Sustainable Technology, atau Teknologi Berkelanjutan, merujuk pada inovasi teknologi yang dirancang dan digunakan dengan mempertimbangkan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi yang berkelanjutan. Tujuan utama dari Sustainable Technology adalah mengurangi jejak ekologis dan meminimalkan penggunaan sumber daya alam yang terbatas. Hal ini mencakup pengembangan teknologi yang ramah lingkungan, penggunaan energi terbarukan, efisiensi energi, dan pengurangan limbah.

Sustainable Technology juga mencakup aspek sosial, seperti menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan dan mempromosikan tanggung jawab sosial perusahaan. Selain itu, aspek ekonomi dalam Sustainable Technology melibatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, yang tidak mengorbankan masalah lingkungan. Sustainable Technology menjadi kunci dalam menjawab tantangan perubahan iklim dan keberlanjutan lingkungan, serta berkontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang diusulkan oleh PBB. Dengan menggabungkan teknologi dan pemikiran berkelanjutan, Sustainable Technology berperan penting dalam menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Platform Engineering

Platform Engineering adalah disiplin dalam dunia teknologi yang berfokus pada perancangan, pengembangan, dan pemeliharaan platform atau infrastruktur teknologi yang kompleks. Tujuan utama dari Platform Engineering adalah menciptakan fondasi teknologi yang kuat dan stabil. Yang memungkinkan berbagai aplikasi dan layanan berjalan dengan efisien dan dapat diandalkan. Ini mencakup perencanaan, desain, dan pengelolaan sistem, jaringan, dan infrastruktur komputasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi.

Platform Engineers bertanggung jawab untuk memastikan bahwa platform teknologi tersebut aman, dapat skalabel, dan dapat berintegrasi dengan aplikasi yang beragam. Mereka juga terlibat dalam pemantauan kinerja sistem dan perbaikan berkelanjutan. Platform Engineering memiliki peran penting dalam mendukung transformasi digital dan inovasi teknologi, serta memastikan bahwa infrastruktur teknologi tetap berjalan dengan baik, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan memenuhi standar keamanan yang ketat.

AI-Augmented Development

AI-Augmented Development adalah pendekatan pengembangan perangkat lunak yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mempercepat, mempermudah, dan meningkatkan proses pengembangan perangkat lunak. Dalam konteks ini, AI digunakan untuk membantu pengembang perangkat lunak dalam berbagai aspek, seperti desain, pemrograman, pengujian, dan pemeliharaan. Ini dapat mencakup berbagai teknik seperti auto-generating code, peningkatan kecerdasan algoritma, dan penggunaan analisis data yang lebih efisien.

AI-Augmented Development membantu mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat lunak, meningkatkan produktivitas pengembang, dan menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih cerdas.

AI-Augmented Development juga dapat memungkinkan pengembang untuk menjalankan eksperimen dan iterasi lebih cepat. Juga mengidentifikasi potensi masalah lebih awal, dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas dan efisiensi proses pengembangan perangkat lunak. Ini adalah salah satu kontribusi utama kecerdasan buatan dalam dunia pengembangan perangkat lunak modern. Sekaligus mempercepat inovasi dan memungkinkan perusahaan untuk bersaing lebih baik dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah.

Augmented Connected Workforce

Tren Teknologi Strategis
Freepik.com/freepik

Tenaga kerja yang “Augmented Connected” adalah konsep yang menggabungkan teknologi canggih seperti Augmented Reality (AR), Internet of Things (IoT), dan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam lingkungan kerja. Dalam konteks ini, para pekerja dilengkapi dengan perangkat digital, seperti kacamata AR atau sensor IoT, yang memungkinkan mereka terhubung secara real-time dengan sistem informasi dan sumber daya lainnya.

Dengan adanya Augmented Connected Workforce, para pekerja dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan. Mendapatkan bimbingan secara langsung, dan berkolaborasi dengan tim mereka dengan lebih efektif. Hal ini dapat mengurangi kesalahan manusia, mempercepat proses, dan memungkinkan penyebaran tenaga kerja yang lebih fleksibel. Teknologi ini sering digunakan dalam sektor industri, khususnya dalam manufaktur, perawatan kesehatan, dan perawatan lapangan. Dalam konteks ini, para pekerja dapat mengoptimalkan tugas mereka dengan dukungan teknologi, menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif.

Machine Customers

“Makhluk Pelanggan” atau “Machine Customers” adalah istilah yang tidak umum dalam bahasa Inggris. Namun, jika Anda mencoba menjelaskan makna yang mungkin terkait dengan kata ini, itu bisa merujuk pada penggunaan teknologi. Seperti kecerdasan buatan (AI), untuk memahami dan mengelola pelanggan secara otomatis dalam konteks bisnis. Dalam hal ini, AI digunakan untuk mengumpulkan data dan menganalisis perilaku pelanggan. Sehingga perusahaan dapat memberikan pengalaman yang lebih personal dan relevan kepada pelanggan mereka.

Machine Customers dapat membantu perusahaan untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan secara lebih baik, mengidentifikasi tren dalam perilaku pembelian, dan memberikan rekomendasi produk atau layanan yang sesuai. Ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan retensi, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Penting untuk diingat bahwa “Machine Customers” mungkin tidak menjadi istilah yang sudah mapan, tetapi berbicara tentang penggunaan teknologi untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan adalah aspek penting dalam bisnis modern.

Kesimpulan

Tren teknologi strategis adalah pendorong utama perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk industri, pendidikan, dan pola hidup manusia. Kemajuan dalam kecerdasan buatan, Internet of Things, dan Augmented Reality telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi. Revolusi Industri 4.0 telah mendorong transformasi digital di berbagai sektor, menciptakan peluang baru dan tantangan yang harus dihadapi.

Perkembangan teknologi informasi telah menjadi kunci dalam mempersiapkan diri menghadapi perubahan ini. Dalam menghadapi dinamika peradaban milenium dan era robotic, penting untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sambil mempertimbangkan dampaknya pada pola hidup manusia. Dengan mengikuti tren teknologi strategis, kita dapat memaksimalkan potensi dan memberikan solusi yang lebih efisien dan inovatif dalam menghadapi tantangan masa depan. Informasi teknologi terdepan hanya di Detik IDN.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *