Untuk Menjaga Kesehatan Kulit, Hindari Makanan Ini

Makanan yang Harus Dihindari untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Sumber: halodoc.com
Untuk Menjaga Kesehatan Kulit
Sumber: halodoc.com

Untuk menjaga kesehatan kulit,  kamu perlu menjaga dengan berbagai perawatan yang rutin dilakukan. Mulai dari skincare, perawatan klinis, hingga mengkonsumsi makanan yang sehat. Tetapi terdapat beberapa makanan yang perlu dihindari agar Kesehatan kulit tetap terjaga.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Berikut makanan yang perlu dihindari untuk menjaga kulit tetap sehat, diantaranya :

  • Makanan

    1. Daging dengan kandungan lemak yang tinggi
      Daging memang merupakan makanan yang kaya akan protein yang baik untuk Kesehatan tubuh. Namun, ada juga daging yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi yang mungkin kurang baik untuk Kesehatan.Dengan mengkonsumsi daging yang memiliki kandungan lemak tinggi dapat meningkatkan insulin. Dengan meningkatnya insulin maka akan mempengaruhi hormon pada kulit.

      Pengaruh hormon ini dapat menimbulkan jerawat pada kulit wajah. Hal ini terjadi jika kita berlebihan dalam mengkonsumsi daging dengan kandungan lemak yang tinggi.

    2. Makanan dengan kandungan Glikemik yang tinggi
      Makanan glikemik ini dapat di identifikasikan sebagai makanan yang tinggi akan karbohidrat. Makanan glikemik ini seperti kentang, nasi putih, roti, serta minuman soda.Konsumsi makanan glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula daalm darah. Hal itu dapat memicu beberapa masalah kulit dikarenakan kolagen dalam kulit mengeras. Sehingga, tidak dapat meregenerasi sel kulit yang telah rusak. Kemudian lambat laun akan muncul masalah kulit seperti kulit keriput dan terjadinya penuaan dini.
    3. Makanan cepat saji atau fast food
      Makanan yang cepat saji atau fast food sarat akan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi akan meningkatkan kadar insulin dalam darah yang mempengaruhi Sebagian dari hormone.Sehingga hal ini dapat menjadi pemicu penyebab timbul nya jerawat pada kulit. Contoh makanan yang cepat saji yang dapat dikurangi konsumsinya seperti Seperti burger, nugget, dan kentang goreng.
    4. Coklat
      Makanan manis yang satu ini banyak digandrungi oleh kaum remaja tetapi, jika konsumsinya berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kulit seperti jerawat. Hal ini dikarenakan dalam coklat mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga mempengaruhi produksi sebum.Produksi sebum yang berlebih dapat menimbulkan peradangan dalam tubuh. Kemudian jika hal ini terus berlanjut dapat merusak kolagen yang ada pada tubuh. Rusak nya kelenjar kolagen dalam tubuh dapat memicu beberapa masalah kulit selain jerawat misal nya timbul kerutan atau keriput pada kulit wajah.
  • Minuman

    1. Susu serta Produk Olahannya
      Susu terutama susu sapi jika dikonsumsi terus – menerus dapat menyebabkan masalah kulit. Hal ini dikarenakan susu dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.Peningkatan insulin dalam darah dapat berpengaruh terhadap hormone. Hal ini terjadi disebabkan oleh kadar kortisol yang mengikat kelenjar sebaceous meningkatkan seiring dengan produksi sebum dalam tubuh.

      Jika hal ini dibiarkan terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan masalah kulit. masalah kulit yang dialami beragam salah satu contohnya yaitu timbulnya jerawat pada kulit.

    2. Minuman yang mengandung alcohol
      Minuman yang mengandung alcohol sedikit banyak bersifat diuretik. Dimana jika mengkonsumsi alcohol akan banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh terutama berupa urin.Dengan kehilangan cairan tubuh secara cepat dapat mempercepat proses penuaan dalam tubuh. Sehingga akan timbul beberapa masalah kulit seperti munculnya garis halus serta keriput pada kulit.

Kesimpulan

Nah, berikut beberapa makanan yang bisa kita hindari agar kulit tetap sehat. Makanan diatas boleh kita konsumsi sewajarnya saja, jika berlebih maka akan memicu berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit keriput, bahkan flek hitam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.